1 min read

Alat - Alat Kebidanan (Bidan Kit)

Alat - Alat Kebidanan (Bidan Kit)

Menurut Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bidan adalah tenaga professional yang bertanggung-jawab dan bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, persalinan dan nifas. memfasilitasi, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi.

Berikut adalah Bidan Kit yang merupakan alat-alat yang dibutuhkan seorang bidan saat melakukan salah satu tugas utama nya, yaitu membantu persalinan seorang ibu. Alat-alat tersebut meliputi:

1. Doppler

Doppler merupakan alat yang berfungsi untuk mendengarkan Detak Jantung Janin (DJJ). Gerakan jantung janin menimbulkan getaran dan bunyi yang dapat diperoleh melalui permukaan dinding abdomen ibu.


2. USG Gel

Selain membantu dalam pemeriksaan USG, gel ini juga bisa membantu bidan untuk pelengkap doppler saat ingin mendengarkan DJJ dengan lebih jelas. USG berfungsi sebagai transducer atau pelumas pada pemeriksaan yang menggunakan doppler.


3. Partus Set

Partus set merupakan seperankat alat/instrumen medis dari stainless yang digunakan untuk menolong proses persalinan. Masing-masing alat dalam set ini mempunyai peran penting dalam proses persalinan, salah satu contohnya adalah untuk menggunting tali pusat bayi baru lahir yang masih tersambung ke plasentanya.


4. Hecting Set

Hecting set adalah satu set instrumen yang digunakan untuk menjahit atau merawat luka. Sama seperti partus set, masing-masing alat dalam set ini mempunyai fungsi tersendiri dalam dunia kebidanan. Fungsi dari set ini adalah sebagai alat untuk menjahit robekan jalan lahir (jika dibutuhkan).

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta