Cara Mengecilkan Paha

Cara Mengecilkan Paha


          Wanita sangat perhatian pada penampilannya. Tidak sedikit yang rela melakukan apa saja untuk mengecilkan paha dan betis, termasuk melakukan sedot lemak. Akan lebih baik jika mengecilkan paha dan betis secara alami. Langsung saja berikut di bawah ini cara aman dan efektif untuk mengecilkan paha:

1. Batasi Konsumsi Asupan Karbohidrat

           Sebenarnya asupan karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk dikonversi menjadi energi atau tenaga bagi tubuh. Hanya saja, fakta yang terjadi adalah banyak orang yang berlebihan dalam mengonsumsi asupan karbohidrat. Berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat bisa memicu terjadinya kegemukan sehingga ukuran paha akan membesar. Sehingga bagi Anda yang ingin mengecilkan ukuran paha maka hindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat. Konsumsilah karbohidrat sesuai dengan kebutuhan, jangan gagal paham mengenai hal ini sehingga Anda nantinya tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Konsumsi karbohidrat adalah harus, tapi sesuai dengan kebutuhan. Nasi, jagung, kentang dan roti merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Ingat, karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat nantinya diolah menjadi energi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Konsumsi karbohidrat dengan kadar yang benar (susuai dengan kebutuhan Anda) ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, termasuk juga mengecilkan paha.

          Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat. Orang yang menghindari makan kentang sama sekali menyebabkan dirinya akan kehilangan nutrisi, yang nutrisi tersebut justru bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Dimana penelitian telah mengungkapan bahwa kentang mengandung serat cukup tinggi yang bermanfaat untuk membuat seseorang kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan. Penelitian ini disebutkan dalam artikel berjudul Karbohidrat Bikin Tubuh Makin Gemuk, Benar Nggak Sih? (Merdeka.com). Karbohidrat memberikan energi agar otot bisa bekerja, yang berperan dalam proses pembakaran kalori saat berolahraga. Merupakan saat dimana Anda sangat memerlukan peran asupan karbohidrat ketika berolahraga, bukan malah menghindarinya. Oleh karena itu, jangan gagal paham mengenai asupan karbohidrat.

2. Hindari Konsumsi Makanan Junk Food
          Makanan junk food telah terbukti mengandung lemak dan kalori dalam jumlah yag tinggi. Contonya seperti classic sandwich yang merupakan roti dengan tiga lapis, di dalamnya terkandung kalori yang sangat tinggi. Demikian juga makanan seperti pizza yang perlu Anda hindari. Ada banyak contoh junk food yang harus dihindari bagi mereka yang ingin mengecilkan paha. Tubuh akan menjadi gemuk jika “hobi” makan junk food, karena tingginya kandungan lemak, kalori dan gula yang ada di dalamnya. Dapat dikatakan seseorang akan percuma saja melakukan olahraga yang sangat berat jika masih mengisi makan pagi, siang dan malamnya dengan junk food. Usaha akan sia-sia dan lemak pada paha akan sulit terkikis. Beberapa jenis makanan yang Anda perlu berhati-hati dengannya yaitu pizza, burger, kentang goreng, ayam goreng, minuman bersoda dan sejenisnya.

3. Perbanyak Minum Air Putih
          Jangan meremehkan manfaat air putih dalam mengikis lemak di dalam tubuh. Minum air putih memiliki banyak manfaat, termasuk juga membantu proses detoksifikasi, menghidrasi tubuh dan kulit, hingga membantu mengurangi lemak yang menumpuk pada bagian paha. Anda bisa minum 1-2 gelas air putih satu jam sebelum makan (makan siang dan malam), hal ini dinyatakan dapat secara efektif untuk menurunkan berat badan, termasuk mengecilkan paha. Selain itu, pastikan Anda lebih sering untuk minum air putih dalam setiap waktu, rubah kebiasaan konsumsi minuman bersoda dan tinggi gula, diganti dengan air putih Air putih yang Anda minum akan menimbulkan rasa kenyang sehingga bisa mencegah makan berlebihan. 

4. Miliki Rutinitas Jogging
          Melakukan jogging secara rutin lebih mudah dilakukan dibandingkan jenis olahraga lainnya. Hal itu karena jogging merupakan olahraga yang tergolong ringan, selain itu juga menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika bersama teman-teman. Jogging mudah dilakukan untuk bisa menguruskan badan (termasuk mengecilkan paha), dimana jogging bisa dilakukan dengan santai. Olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun untuk melakukannya. Lakukan jogging dengan santai. Jika stamina belum prima, Anda bisa memulai jogging dengan terlebih dahulu berjalan kaki selama beberapa menit. Hal ini berguna untuk mencegah cidera dan membiasakan diri sebelum memulai jogging. 

          Manfaat olahraga jogging yang dirasakan adalah pembakaran kalori, kalau bisa lakukan jogging selama 25-30 menit di pagi hari, tapi tidak usah dipaksakan. Selain sangat sehat dan tentunya bisa mengecilkan paha, Anda juga akan memperoleh sinar matahari pagi yang baik bagi tubuh.

5. Olahraga Lari Sedang
          Jika kondisi tubuh masih gemuk, maka disarankan untuk sebatas melakukan jogging saja. Hal itu karena olahraga lari walaupun mudah tapi lumayan melelahkan. Pada dasarnya, berlari dengan kecepatan sedang (lebih cepat dari jogging) dapat secara efektif untuk menurunkan berat badan dan juga mengecilkan paha. Tapi ingat, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan berlari tidak efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu: Pola makan yang asal-asalan. Setelah membakar kalori memang menimbulkan rasa lapar, disinilah sangat penting agar Anda tidak salah dalam mengonsumsi makanan. Memilih junk food sebagai pilihan makanan setelah berlari malah akan membuat tubuh merasakan lapar satu jam kemudian. Intensitas berlari yang kurang. Apabila Anda biasanya berlari dengan total waktu selama 20-45 menit dalam seminggu, maka itu tidak cukup untuk usaha menurunkan berat badan dan mengecilkan paha secara efektif.

6. Hindari Praktek Melaparkan Diri dalam Waktu Lama
          Kalau diperhatikan, tidak sedikit wanita yang rela kelaparan agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sebenarnya praktek ini harus dihindari, tidak makan selama seharian justru menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Diet ketat hendaknya dihindari, karena hanya akan menimbulkan efek mudah lelah dan melemahkan tulang tubuh. Diet ketat menyebabkan tubuh kehilangan asupan penting yang dibutuhkan. Sebenarnya diet adalah hal yang bagus bagi Anda yang ingin mengecilkan paha, tapi hindari diet ketat karena hanya menimbulkan kerugian. Lakukanlah program diet secara benar dan tidak berlebihan.

7. Teh Hijau
          Banyak yang menyarankan minum teh hijau untuk membantu mengatasi masalah obesitas, yang hal ini berarti juga dapat membantu mengecilkan paha.

8. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
          Dengan memperbanyak makan buah dan sayuran maka diharapkan Anda bisa mencegah konsumsi asupan lemak dan kalori secara berlebihan. Hal ini penting agar Anda berhasil dalam usaha mengecilkan ukuran paha. Buah dan sayur berkontribusi dalam usaha diet. Pada artikel berjudul Buah dan Sayur Enak Ampuh Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat (Vemale.com) menyebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur berguna untuk menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Namun pilihlah buah dan sayuran yang memberikan manfaat signifikan untuk usaha diet. Terdapat beberapa buah dan sayur yang rendah kalori dan memberikan rasa kenyang pada perut tanpa menyebabkan tubuh gemuk.

          Apa saja buah dan sayur tersebut? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi dan ahli diet, berikut beberapa buah dan sayur yang memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan:
Apel dan Pir 
Buah Berry (Strawberry, dll)
Sayuran berdaun hijau (bayam, kangkung, sawi, selada, daun singkong dan sejenisnya) 
Kembang Kol, Brokoli dan Kubis

          Buah dan sayur tersebut rendah lemak dan protein, serta kaya akan vitamin dan serat yang mencegah Anda makan berlebihan. Konsumsi buah dan sayur juga menyehatkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki bentuk paha yang proporsional maka miliki kebiasaan untuk mengonsumsi buah dan sayuran.