4 min read

Efek Buruk Jika Tidur Siang Terlalu Lama

Efek Buruk Jika Tidur Siang Terlalu Lama
Photo by Lux Graves

Bagi banyak orang dewasa, mendapatkan waktu tidur siang adalah sebuah anugerah yang cukup jarang untuk didapatkan. Tuntutan dunia pekerjaan yang cukup tinggi membuat seseorang cenderung sulit untuk mendapatkan tidur siang di jam-jam istirahat. Melihat adanya fakta ini, banyak orang dewasa yang pada akhirnya menikmati tidur siang di saat akhir pekan dengan waktu yang cukup lama. Meskipun akan membuat rasa puas, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak terlalu lama melakukan tidur siang karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi organ jantung.

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur siang yang dilakukan terlalu lama akan membuat tubuh beresiko mengalami masalah sindrom metabolik, sebuah kondisi tubuh yang berkaitan erat dengan tingginya tekanan darah, tingginya kadar lemak di dalam tubuh, tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, dan juga tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Yang mengerikan adalah, sindrom metabolik ini akan berkaitan erat dengan meningkatnya resiko masalah pada jantung hingga penyakit diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan setidaknya 307.000 partisipan memberikan hasil dimana mereka yang memiliki kebiasaan mendapatkan waktu tidur siang kurang dari 40 menit dalam sehari akan cenderung tidak meningkatkan resiko sindrom metabolik. Sementara itu, mereka yang tidur siang dengan durasi sekitar 40 menit hingga 90 menit setiap harinya ternyata akan meningkatkan resiko terkena sindrom metabolik hingga 50 persen.

Negara yang masyarakatnya memiliki kebiasaan tidur di siang hari tidak begitu banyak di dunia ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya memiliki kebiasaan tidur disiang hari. Segala sesuatu memang memiliki takarannya masing-masing, segala sesuatu memang dianjurkan untuk tidak berlebihan termasuk juga dengan tidur siang.
Berkaitan dengan persoalan tidur siang, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas tidur siang ini bagi kesehatan tubuh. Tidur siang dapat dijadikan sebagai pengganti tidur malam yang tidak cukup. Tidur malam yang bagus dan sesuai anjuran adalah selama 9 jam dari mulai orang itu tidur sampai dengan bangun tidur. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk setiap orang melakukan tidur siang sebagai pengganti tidur malam yang kurang disebabkan karena berbagai macam faktor diantaranya insomnia. Waktu tidur siang yang dianjurkan adalah antara jam 11- jam 2 siang selama 30 menit.

Tidur siang yang cukup dapat membantu anda memperoleh tubuh yang segar, meningkatkan konsentrasi dan fokus. Tidur siang yang cukup juga membantu anda mengistirahatkan otak dan mata anda. Mata yang terus menerus digunakan untuk bekerja apalagi menatap layar monitor akan mudah lelah, oleh karenanya dibutuhkan waktu untuk mengistirahatkan mata salah satu caranya adalah dengan tidur di siang hari.


Terlepas dengan segudang manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh anda, tetapi jangan lupakan beberapa dampak buruk yang mengintai anda dari kegiatan tidur di siang hari. Tidur siang akan berdampak buruk bagi kesehatan jika itu dilakukan dengan cara yang salah. Tidur siang terlalu lama akan berdampak pada peningkatan gula darah anda.

Sebuah studi mengungkapkan dampak buruk bagi orang yang tidur siang terlalu lama yaitu berisiko terjangkit diabetes tipe 2, terutama bagi orang dewasa ataupun yang berusia lanjut. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada sebanyak 27.000 responden yang dibagi ke dalam 4 kelompok dan dibedakan sesuai dengan lamanya mereka tidur siang. Dari hasil penelitian, mereka yang gemar tidur siang memiliki kemungkinan 36% terkena DM dibandingkan dengan responden yang tidak pernah tidur siang.

Dari peneletian diperoleh data bahwa mereka yang memilih untuk tidur siang adalah karena beberapa alasan seperti aktivitas mereka yang terlalu padat, merokok dan jatah tidur permalam mereka yang relative kurang membuat mereka kelelahan disiang hari.


Terkait dengan manfaat tidur siang, seorang peneliti dari Leiden University Medical Center yakni Lucassen mengungkapkan, tidur siang memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi serta juga dapat membuat berfikir lebih kreatif dan juga sebagai recovery energi yang terbuang setelah beraktivitas. Namun sebaliknya, jika dilakukan terlalu lama akan berakibat buruk pada kesehatan anda karena mampu meningkatkan kadar gula dalam darah yang berakibat pada DM.


Seperti dilansir dari Live Science, bahwa efek buruk dari tidur yang berlebihan dapat menyebabkan orang tersebut terkena DM. Tidur siang terlalu lama juga berakibat berkurangnya waktu tidur dimalam hari. Apabila seseorang yang suka tidur siang cenderung mempunyai kebiasaan tidak bisa tidur hingga larut malam oleh karena itu kebutuhan tidurnya dimalam hari tak terpenuhi dengan baik, yang menyebabkan sebagian hormon dalam tubuh turut terganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang tidurlah di waktu siang secukupnya jika rasa kantuk di siang hari sudah tidak tertahankan. Upayakan tidur siang diwaktu pukul 12-2 siang dan jangan pernah tidur di waktu sore hari.

Berikut adalah alasan mengapa tidur siang terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, beberapa alasan tersebut diantaranya:

1. Menghambat produksi insulin, dan meningkatkan resiko diabetes

Tidur siang yang terlalu lama (melebihi 30-60 menit) akan memicu gangguan hormonal pada tubuh yang mengakibatkan terhambatnya produksi insulin. Produksi insulin dalam tubuh berfungsi untuk mencerna gula dalam darah. Ketika produksi insulin tidak terpenuhi, secara otomatis gula darah seseorang akan meningkat karena tidak adanya penetralisir gula darah.

2. Jam biologis terganggu

Jam biologis seseorang akan ikut terganggu ketika tidur siang terlalu lama. Orang yang tidur siang terlalu lama akan lebih betah begadang daripada orang yang tidak pernah tidur siang. Tidur malam menurut para ahli juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Tidur malah yang bagus adalah selama 9 jam dari mulai tidur sampai terbangun. Terganggunya jam biologis ini sama seperti seperti timbulnya gejala “jet lag” ketika kita bepergian menggunakan pesawat. Situasi ini dapat mengakibatkan kita akan merasa kepanikan dan juga kemungkinan mengganggu jam tidur kita secara normal, begitu pula juga dengan pola makan.

3. Tubuh semakin mengantuk dan lemas setelah bangun tidur

Jika ingin mendapatkan konsentrasi yang lebih dan juga fokus, lakukanlah tidur siang dengan sesuai anjuran. Namun ketika anda tidur siang terlalu lama, anda akan merasa mejadi lebih lemas dan rasa ngantuk tetap melekat pada diri anda. Saatandatelampau lama tidur siang maka tubuh bukannya akan merasa segar, namun akan merasa lemas. Keadaan ini akan membuat focus dan juga pikiran kita akan terganggu.

4. Dapat menyebabkab insomnia

Seperti halnya gangguan jam biologis, dampak lainnya dari bahaya tidur siang, apalagi yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan insomnia. Insomnia adalah gangguan yang mana seseorang tidak bisa tidur pada saat malam, yang salah satunya dikarenakan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kita seperti segar pada malam hari, oleh karena itu kita tidak dapat tidur dan mengalami kondisi insomnia.

5. Menimbulkan pusing dan sakit kepala

Tidur siang terlalu lama akan membuat anda merasa pusing karena suplai oksigen menuju otak menjadi minim begitu juga halnya dengan darah, ketika seseorang tidur siang terlalu lama, darah yang mengalir menuju otak juga kan ikut berkurang. Hal ini akan menyebabkan kepala akan terasa sangat pusing dan juga sakit.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta