4 min read

Makanan Sumber Energi

Makanan Sumber Energi

Untuk mensukseskan Sea Games di Manila, Filipina yang berlangsung pada tahun 1981, kontingen Indonesia yang cukup besar membawajuga seorang juru masak yang khusu untuk menyediakan makanan tambahan bagi kontingen Indonesia. Pemerintah Indonesia melihat pentingnya makanan bagi para atlit agar semangat untuk bertanding tinggi dengan harapan agar mendapat hasil yang lebih gemilang.

Bila anda adalah juru masak untuk kontingen tersebut, makan yang bagaimanakah yang akan anda sajikan? Dengan sendirinya makanan yang dapat memberikan cukup energi untuk bertanding. Makanan yang bagaimanakah yang akan memberikan cukup energi untuk bertanding?

Hasil-hasil Percobaan

Dr. Per-Olef Astrand telah mengadakan sebuah riset terhadap sembilan pembalap sepeda Olympic Games dari Swedia. Penelitian yang dibuat adalah dengan cara menguji mereka dalam balap sepeda setelah diberi makanan tertentu untuk tiga hari. Pada tiga hari pertama mereka diberikan makanan yang mempunyai kadar protein dan lemak yang tinggi, termasuk daging di dalamnya. Ternyata mereka mempunyai daya tahan bersepeda untuk 57 menit. Tiga hari berikutnya mereka diberikan makanan campuran , berupa kadar protein dan lemak yang rendah, bercampur dengan karbohidrat. Ternyata daya tahan mereka dalam bersepeda mencapai waktu 114 menit. Pada tiga hari berikutnya, makanan yang diberikan ialah yang mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi bersama dengan sayur-sayuran, dan ternyata rata-rata daya tahan mereka dalam balap sepeda mencapai 167 menit.

Dengan demikian daya tahan berolah-raga kurang lebih tiga kali lebih besar pada mereka yang menggunakan makanan vegetarian.Dapatkah anda mempunyai ide bila anda menjadi juru masak untuk para atlit?

Suatu riset yang lain telah dibuat oleh Dr. Irving Fisher dari Yale University, atas 49 orang yang menggambarkan dua macam golongan makanan yang berbeda, yaitu golongan vegetarian dan golongan pemakan daging. Pada waktu diadakan riset dengan jalan merentangkan tangan ke depan, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Hanya 2 dari 15 pemakan daging yang bertahan lebih dari 15 menit , sedangkan dari mereka yang vegetarian, 22 dari 32 orang sanggup bertahan lebih dari 15 menit.
  2. Tidak satupun dari pemakan daging yang sanggup bertahan lebih dari setengah jam, sedangkan 15 dari yang vegetarian dapat melampaui waktu tersebut.
  3. Dari mereka yang vegetarian, 9 orang mencapai waktu 1 jam, 4 orang mencapai waktu 2 jam, dan ada satu orang yang dapat mencapai waktu 3 jam.

Seorang yang bernama Schontenden telah menguji mahasiswa-mahasiswa dari Univeristy of Brussels dengan cara memerah erograph dan mengangkat besi. Riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang vegetarian mencapai angka 69 dengan ergograph, sedangkan mereka yang maan daging hanya memperoleh angka 38. Dalam percobaan mengangkat besi, ternyata peserta yang terkuat dari yang vegetarian dapat mencapai angka 1457. Sedangkan peserta pemakan daging yang terkuat hanya mencapai angka 1049.

Satu hal lain yang menarik ialah bahwa mereka yang vegetarian cepat sekali pulih kembali keadaannya seperti semula, setelah selesai percobaan, sedangkan mereka yang pemakan daging memerlukan waktu yang lebih lama untuk pemulihan tersebut.

Rekor-rekor Dunia

Tidak heran banyak juara dunia adalah mereka yang vegetarian. Salah satu diantara mereka ialah Murray Rose, seorang yang pernah menjuarai dunia dalam beberapa cabang renang. Pada tahun 1956, dalam Olympic Games di Melbourne ia mndapatkan tiga medali emas, dan ia adalah orang termuda dalam sejarah yang telah mendapat tiga medali emas dalam dunia olahraga. Iapun juga yang telah memecahkan tiga rekor dunia dalam renang jarak 800 meter.

Salah seorang vegetarian yang cukup ternama lainya ialah seorang yang bernama Anders Haugen, seorang tua yang berusia 84 tahun, pemain ski yang telah tiga kali menjadi juara dunia. Dan empat kali juara Amerika Serikat. Pada tahun 1975 saat ditanya, apakah yang menyebabkan dia tetap kuat, sehat dan mempunyai daya tahan yang besar walaupun usia telah lanjut, beliau menjawab Saya sudah menjadi seorang vegetarian untuk selama 60 tahun lamanya.

Pada tanggal 26 Agustus 1975, telah diadakan pertandingan marathon 24 jam di Santa Monica, California. Dalam pertandingan tersebut, 7 orang telah berhasil memecahkan rekor dengan berlari sepanjang 258 miles dan 1248 yard untuk jangka watu 24 jam. Rata-rata 1 mil ditempuh dalam waktu  5 menit, 34.1 detik. Sejak tahun 1972, beratus-ratus team telah mencoba mengalahkan rekor sebelumnya yaitu menempuh 257 mil dan 470 yard dalam waktu 24 jam, tetapi senantiasa gagal. Siapakah ketuh orang ini yang telah berhasil memecahkan rekor tersebut? Mereka adalah orang-orang vegetarian.

Hans Henrik Orsted, adalah seorang Polandia yang merupakan salah seorang contoh yang lain, yang memecahkan 5 rekor juara sepeda dunia di Mexico pada tahun 1980 yang lalu. Ia bau saja mengalami patah kaki, tetapi hanya 5 bulan setelah kecelakaan tersebut, ia masih sanggup memecahkan rekor dunia.

Bila seseorang ingin mempunyai daya tahan yang lebih besar dalam olah raga atau bertanding, maa lebih baiklah ia menjadi seorang vegetarian terlebih dahulu. Prinsip yang sama berlaku juga dalam bekerja, dalam mencapai kemakmuran bangsa, kita memerlukan manusia yang mempunyai daya kerja yang baik. Tidak mudah merasa letih atau mengatakan lelah. Makanan penting untuk meningkatkan prestasi kerja kita, dan makan tersebut ialah makanan vegetarian. Mengapakah anda tidak mencobanya?

Rahasia Kemenangan

Apakah yang menyebabkan kemenangan-kemenangan mereka? Bila seseorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat, maka karbohidrat tersebut akan diubah menjadi glukosa, kemudian disimpan di hati dan otot dalam bentuk glikogen. Adanya kadar glikogen yang tinggi dalam otot penting dalam perubahan ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP ( Adenosine Diphosphate) yang menghasilkan energi. Dengan demikian lebih banyak karbohidrat yang dimakan lebih banyak energi yang dibentuk. Ternayata daging tidak mengandung karbohidrat. Dengan demikian, makanan vegetarian akan menghasilkan lebih banyak energi.

Dalam riset yang lain didapatkan bahwa makanan vegetarian menyebabkan lebih banyaknya pengaliran zat pembakar yang akan menghasilkan energi. Riset ini telah di buat oleh Loma Linda University, salah sebuah Universitas Di California Selatan, Amerika Serikat. Bila makanan vegetarian dapat menghasilkan energi yang lebih banyak, mengapakah anda tidak memakan makanan vegetarian? Apabila anda mencoba menjadi seorang vegetarian berarti anda memutuskan untuk memilih menjadi hidup sehat. Karena anda akan mengurangi makan lemak dengan memakan daging yang mengandung kolesterol. Dan akan lebih banyak memilih makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin. Karena nutrisi dan vitamin membuat tubuh anda lebih sehat, tidak gampang mengidap penyakit apapun. Fakta menunjukkan bahwa sayuran mengandung mineral dan antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bisa melancarkan peredaran darah. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memakan sayur-sayuran dan buah-buahan bukan saja dari segi kesehatan saja dari segi keungan juga anda akan lebih berhemat karena tidak mengeluarkan banyak dana untuk membeli sayuran dan buahan.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta