4 min read

Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Pada artikel berjudul 7 Manfaat Sehat Alpukat untuk Ibu Hamil (Kompas.com) menjelaskan bahwa buah alpukat mengandung kalsium, dimana selama masa kehamilan tubuh membutuhkan asupan kalsium lebih banyak. Disinilah manfaat penting konsumsi alpukat untuk memenuhi asupan kalsium Ibu Hamil.
Asupan kalsium sangat diperlukan ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi. Asam folat yang terkandung dalam alpukat juga sangat penting dalam proses pertumbuhan bayi. Selain itu asam folat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Peran penting lainnya dari asam folat yaitu mencegah komplikasi pada Ibu Hamil seperti anemia, insomnia, gangguan mood dan preeklamsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil). Alpukat mengandung vitamin C. Vitamin C sangat diperlukan Ibu Hamil untuk mengoptimalkan proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Hal ini penting agar Ibu Hamil terhindar dari anemia. Alpukat mengandung vitamin C alami, Anda harus menghindari konsumsi vitamin C kimiawi karena dikhawatirkan berdampak buruk pada janin.

Mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan produksi hormon prolaktin. Dimana vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Apabila ibu hamil kekurangan hormon prolaktin maka dampaknya bisa merusak kondisi mood dan emosional. Asupan vitamin K dalam apukat bermanfaat dalam membantu proses pembentukan sel darah merah, dan menjaga perkembangan janin. Ibu hamil bisa mengonsumsi alpukat sebanyak setengah cangkir, hindari mengonsumsi alpukat secara berlebihan.

Melembabkan Kulit Wajah

Tentunya orang-orang ingin mempunyai kulit yang halus, bersih dan lembab. Hanya saja, padatnya pekerjaan berdampak buruk pada beberapa hal, salah satunya masalah pada kulit seperti kulit kering dan lainnya. Pada artikel berjudul Cara Alami Melembabkan Kulit Pakai Masker Buah Alpukat (Vemale.com) menjelaskan bahwa kulit kering bisa diatasi melalui perawatan dari dalam maupun luar. Perawatan kulit dari dalam yaitu dengan minum air putih yang cukup, hingga mengonsumsi buah dan sayuran. Adapun perawatan kulit dari luar yaitu dengan rajin mencuci wajah, menerapkan masker, hingga menerapkan scrup wajah. Tentang perawatan kulit dari luar, Anda bisa menerapkan masker alami alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit secara alami, serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Berikut cara membuat masker alpukat. Pertama-tama siapkan:

  • 1 buah alpukat
  • 2 sdm madu

Langkah-langahnya:

  • Haluskan buah alpukat lalu campurkan dengan madu.
  • Anda perlu mencampurkan keduanya sampai membentuk pasta.
  • Cuci kulit wajah Anda dengan air mengalir hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk.
  • Oleskan masker alami ini menggunakan jari tangan ke wajah.
  • Oleskan hingga secara merata dan sembari memijat lembut.
  • Lalu diamkan selama beberapa menit.
  • Jika masker telah cukup kering, maka bilas wajah kembali dengan air bersih.

Anda juga bisa melakukan sentuhan terakhir dengan menerapkan pelembab alami seperti minyak zaitun. Apabila terjadi iritasi pada kulit wajah maka hentikan penggunaan, segera cuci bersih kulit, lalu kompres dengan air es. Adapun dari laman Lifestyle.okezone.com, cara membuat masker alpukat untuk melembabkan kulit secara alami, pertama-tama haluskan satu buah daging alpukat hingga halus, lalu campurkan dengan satu sdm madu alami. Setelah tercampur rata, oleskan campuran tersebut sebagai masker ke area wajah. Lalu diamkan selama 10-15 menit, baru kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Menangkal Paparan Radikal Bebas

Terlalu banyak radikal bebas yang berada di dalam tubuh mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan dimana jumlah radikal bebas jauh lebih banyak dibandingkan pertahanan antioksidan, dampaknya menimbulkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Stres oksidatif menyebabkan berbagai penyakit seperti alzheimer, hipertensi, radang sendi, stroke, penyakit jantung, aterosklerosis, tukak lambung, hingga yang terburuk yaitu kanker. Bahaya radikal bebas yaitu merusak kode DNA, sehingga sel-sel baru tumbuh secara tidak benar dan tidak terkontrol. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam wortel ataupun tomat sebenarnya dapat bekerja untuk menangkal radikal bebas, namun tidak bisa masuk menembus ke dalam mitokondria. Peneliti bernama Christian Cortes-Rojo, yang berasal dari Universitas Michoacana de San Nicolas de Hidalgo, Meksiko, menjelaskan bahwa jika antioksidan tidak mampu menembus ke dalam mitokondria, dampaknya radikal bebas bisa merusak mitokondria. Bahaya dari kerusakan mitokondria adalah terhambatnya produksi energi tubuh dan menyebabkan masalah pada sel-sel tubuh. Pada penelitian laboratorium, peneliti menemukan bahwa minyak alpukat mampu berfungsi menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Pada artikel berjudul Alpukat Mencegah Sekaligus Membunuh Sel Kanker (Beritasatu.com) menjelaskan bahwa buah alpukat kaya akan antioksidan, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Antioksidan berfungsi untuk mencegah tingginya jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Mencegah radikal bebas berarti mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar di dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Ohio State University, menemukan bahwa ekstrak alpukat berfungsi untuk membasmi sel-sel prakanker dan mencegah pembentukan sel kanker yang baru.

Membuat Awet Muda dan Memerangi Penyakit

Pada artikel berjudul Alpukat Membuat Awet Muda dan Memerangi Penyakit (Pikiran-rakyat.com), disebutkan bahwa buah alpukat dapat bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan mencegah penyakit. Konsumsilah alpukat agar Anda bisa lebih awet muda. Selain dari dalam, alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan luar. Pada laman Tribunnews.com, menyebutkan cara perawatan kulit wajah agar lebih sehat, lembab dan awet muda, yaitu dengan menggunakan masker dari bahan alami. Untuk mereka yang mengalami wajah kering, maka dapat membuat masker alpukat yang kaya vitamin dan mineral. Gunakan masker daging alpukat yang dihaluskan dan ditambah madu. Untuk membuatnya, pertama-tama belah alpukat menjadi dua bagian, lalu ambil satu bagian dan haluskan dengan garpu atau blender. Lalu Anda campurkan dengan sedikit madu (atau bisa juga dengan minyak zaitun, terserah Anda). Lalu oleskan campuran tersebut ke kulit wajah. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan saja selama 30 menit. Setelah itu, barulah bilas wajah dengan air bersih. Perawatan alami ini dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Minyak alami pada buah alpukat memberikan manfaat agar kulit menjadi sehat, awet muda, tidak kering dan terhindar dari masalah kulit bersisik.

Baik Untuk Rambut dan Kulit Kepala

Alpukat dapat dimanfaatkan sebagai conditioner alami yang efektif untuk mengatasi rambut kering. Dimana di dalam alpukat terkandung minyak alami yang baik bagi rambut.
Hancurkan daging buah alpukat lalu aplikasikan pada rambut, dimulai dari pangkal hingga ujung rambut. Kandungan vitamin dan mineral di dalam alpukat juga bermanfaat untuk melindungi batang rambut dari dampak buruk polusi, dan merangsang pertumbuhan rambut.
Minyak alami dalam buah alpukat berfungsi untuk memperbaiki kondisi rambut yang bercabang, kering dan rapuh. Selain itu, Anda juga bisa memiliki rambut yang lebih halus dan berkilau, hal ini berkat kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 di dalam buah alpukat. Secara umum, buah alpukat memiliki kandungan penting yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Pada laman Vemale.com menyebutkan bahwa kandungan di dalam buah alpukat dapat bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat, kuat dan indah.

Cara memanfaatkannya yaitu pertama-tama sipkan bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat (ambil daging buahnya)
  • 3 sdm madu
  • 3 sdm minyak kelapa

Langkah-langkahnya:

  • Ambil buah alpukat lalu haluskan (bisa dengan blender ataupun garpu).
  • Lalu campurkan dalam sebuah wadah bersama madu dan minyak kelapa.
  • Campurkan sampai ketiga bahan tersebut menyatu dengan rata.
  • Apabila sudah, maka basahi rambut Anda dengan air bersih.
  • Beberapa saat kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala.
  • Oleskan secara menyeluruh ke rambut, sembari memijat lembut dengan jari tangan.
  • Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan sekitar 30 menit.
  • Lalu bersihkan rambut kembali, dan lakukan keramas seperti biasa.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta