4 min read

Manfaat Penting Konsumsi Madu Pahit

Manfaat Penting Konsumsi Madu Pahit

Madu sudah umum dan populer diketahui masyarakat memiliki banyak manfaat. Minuman ini berasal dari bahan alami yaitu nektar bunga yang dihisap oleh serangga lebah.

Khusus kali ini akan dibahas mengenai madu pahit. Madu pahit dihasilkan dari lebah yang mengambil bahan madu dari tanaman yang pahit, diantaranya mahoni, bunga singkong karet, kaliandra, pelawan dan paitan. Mengenai khasiat madu pahit ini sudah dilakukan penelitian oleh para ilmuwan. Dan ditemukan bahwa madu memiliki zat-zat sangat penting bagi tubuh. Madu pahit umumnya banyak terdapat di wilayah Kalimantan, karena di kalimantan banyak terdapat pohon mahoni sebagai penghasil madu pahit.

Khasiat Madu Pahit Asli

1. Meredakan Gejala Asam Urat
Asam urat terjadi karena adanya kondisi pengkristalan dari lemak di bagian persendian tubuh. Sehingga dalam satu waktu asam urat bisa saja kambuh, yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa perih dan sangat membuat tidak nyaman. Sehingga penderitanya menjadi kesusahan untuk bergerak, yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.
Kandungan yang ada di dalam madu hitam pahit mampu membantu mengatasi asam urat yang dirasakan. Di dalam madu pahit terdapat zat yang berfungsi mengontrol zat purin agar tidak terlalu banyak. Dimana tingginya kadar zat purin menjadi pemicu munculnya masalah asam urat.

2. Mengatasi Kolesterol Tinggi
Madu Pahit memiliki kandungan berupa gula, karbohidrat dan protein. Serta kaya akan vitamin berupa vitamin B2, B3, B5, B6, B9 dan Vitamin C. Madu pahit juga kaya akan kandungan mineral yaitu zat besi, seng, kalium, fosfor dan sodium. Dengan kaya akan nutrisi seperti itu, madu pahit dapat diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol menjadi normal. Madu hitam pahit bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jika rutin diminum, maka lama-kelamaan kadar kolesterol akan menurun ke tahap normal.

3. Mengatasi Diabetes
Madu pahit memberikan manfaat besar untuk penderita diabetes, yang membantu penderita diabetes agar mampu dengan baik mengontrol kadar gula di dalam darah agar tidak terlalu tinggi kadar gulanya. Kadar gula yang tinggi menjadi masalah besar bagi penderita diabetes.

Dengan minum madu hitam pahit tanpa campuran apapun (terutama gula) maka memberikan khasiat penting untuk mengatasi diabates. Hal ini agak berbeda dengan jenis madu pada umumnya, madu pahit rendah akan kandungan gula, yang membuatnya cocok dikonsumsi penderita diabetes. Madu pahit sangat rendah glukosa, dan mengandung banyak alkaloid. Hal ini memberikan manfaat besar bagi penderita diabetes yang mengonsumsinya.

Manfaat lain yang diperoleh juga mampu menurunkan frekuensi BAK di malam hari, menjaga fungsi penglihatan agar tetap baik, dan juga mampu mengoptimalkan proses pengeringan luka pada penderita diabetes, sehingga bisa lebih cepat kering. Hal itu karena luka yang dialami penderita diabetes seringkali susah mengering. Penderita diabetes tipe 2 tetap dapat memproduksi insulin di dalam tubuhnya, akan tetapi insulin yang dihasilkan tidak bisa memadai dari kebutuhan yang diperlukan, sehingga peran organ pankreas tidak mampu mencegah kenaikan gula darah. Masalah lainnya, kondisi gula darah yang kadarnya tinggi dapat mengakibatkan terjadinya masalah serius pada organ otak, jantung dan ginjal. Sehingga mengkonsumsi madu pahit ini sangat diperlukan untuk mengontrol gula bagi penderita diabetes.

Jika penderita diabetes biasanya suka mengkonsumsi gula, kebiasaan tersebut lalu diganti dengan mengonsumsi madu pahit maka akan memberikan peluang besar agar penyakit diabates dapat diatasi. Madu yang manis pun lebih baik daripada gula. Pada salah satu penelitian menemukan bahwa madu lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes. Dimana rasa manis pada madu tidak seperti sukrosa, madu rendah kalori tetapi sangat bergizi dan madu pahit ini jauh lebih rendah lagi kadar gulanya dibandingkan madu biasa.

4. Meningkatkan Stamina
Tentunya untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari yang padat, akan sangat diperlukan kondisi stamina yang prima. Minum madu pahit mampu secara signifikan meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh dalam menjalakan banyak tugas sepanjang hari. Hal itu karena di dalam madu pahit terkandung asupan vitamin dan mineral yang sangat banyak yang sangat diperlukan tubuh.

5. Meningkatkan Daya Tahan dan Kekebalan Tubuh
Agar tidak mudah jatuh sakit terutama flu dan demam yang menjadi ‘langganan’ penyakit bagi banyak orang, mengkonsumsi madu pahit mampu mengoptimalkan sistem kekebalahan tubuh, tubuh tidak akan mudah mengalami jatuh sakit karena di dalam madu hitam kaya akan kandungan antidioksidan dan vitamin.

6. Menjaga Fungsi Organ Jantung
Kandungan polifenol yang cukup tinggi yang terdapat di dalam madu pahit, memiliki fungsi yang besar sebagai antioksidan tubuh, yang  bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi madu secara rutin telah terbukti secara ilmiah oleh para peneliti, mampu menjaga kesehatan organ jantung.
Kondisi peradangan pada dinding dalam pembuluh darah, memicu terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah, yang kemudian meningkatkan resiko penyakit jantung. Pentingnya kandungan zat antioksidan di dalam madu hitam untuk mencegah terjadinya peradangan pada dinding pembuluh.

7. Mengatasi Masalah Susah Tidur
Sangat menyiksa sebernanya jika susah tidur di malam hari, karena kita sangat mengharapkan bahwa di pagi dan siang hari tubuh akan kembali fit dan segar, sehingga siap untuk menyongsong kegiatan padat sehar-hari. Selain itu, gangguan tidur akan mengakibatkan masalah serius pada kesehatan seperti memicu gangguan pada organ jantung dan otak. Minum madu pahit mampu membantu anda agar bisa tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak, sehingga tidur bisa lebih berkualitas. Disarankan agar tidur Anda lebih berkualitas lagi, maka matikan lampu saat tidur.

8. Membantu Mencegah Kegemukan
Rutin minum madu pahit membantu anda untuk bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal, hal itu karena kandungan di dalam madu pahit punya sifat untuk lama dicerna, sehingga dapat membuat rasa kenyang di perut menjadi lebih lama. Memanfaatkan madu hitam ini untuk membantu menurunkan berat badan ke tahap normal, lebih aman dari pada memakai obat kimia tertentu.

9. Mengatasi Masalah Tenggorokan Seperti Batuk dan Pilek
WHO telah memberikan saran untuk mengatasi masalah di tengggorokan dengan menggunakan madu, walaupun masih belum terdapat bukti ilmiah dari pernyataan WHO ini. Terdapat kandungan di dalam madu pahit ini zat yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan melapisinya guna memberikan pelindungan. Madu hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang menyerang. Madu hitam dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk dan pilek alami yang lebih aman dan sehat bagi tubuh, karena tidak ada efek samping yang menimbulkan masalah seperti ketika menggunakan obat.

10. Mengobati Radang Tenggorokan
Sifat anti-bakteri yang dimiliki madu hitam berfungsi untuk mengatasi jaringan yang meradang. Anda bisa membuat seduhan teh yang dicampurkan madu dua sendok, manfaatnya akan membantu untuk menyembuhkan radang tenggorokan, serta membuat tenggorokan lebih lega.

11. Mengatasi Masalah Pencernaan
Untuk Anda memiliki masalah maag maka dapat memanfaatkan madu pahit untuk menurukan gejalanya. Dimana sifat Madu yang mudah dicerna serta menyehatkan pencernaan, akan sangat bermanfaat bagi penderita maag, termasuk bagi yang mengalami maag kronis. Madu pahit telah terbukti dapat mengobati masalah luka pada tukak lambung. Disarankan mengkonsumsi madu pahit alami setelah Anda makan.

12. Sebagai Masker Wajah
Untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah dapat memanfaatkan kandungan di dalam madu pahit ini. Anda bisa menjadikannya masker untuk wajah, dengan menggunakannya mampu mengurangi bercak hitam yang terdapat di kulit wajah. Penyebab munculnya flek hitam akibat beberapa faktor, seperti stres, tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik, dan faktor usia (dimana semakin berumur seseorang maka kolagen pada kulit wajah dapat semakin menumpuk yang kemudian memicu timbulnya flek).

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta