4 min read

Stop Minum Obat Pereda Sakit Kepala , Inilah Tips Sehat Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Stop Minum Obat Pereda Sakit Kepala , Inilah Tips Sehat Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami
Photo by Myriam Zilles

Sakit kepala harian kronis adalah sebagai adanya sakit kepala 15 hari atau lebih per bulan selama setidaknya 3 bulan. Tipe paling umum dari sakit kepala harian kronis adalah migren kronis dan sakit kepala tegang otot kronis. Apabila Anda  sakit migren, perencanaan faktor risiko yang dikarenakan terbentuk migren kronis contohnya kegemukan, pemakaian obat-obatan yang berlebihan, kondisi di dalam kehidupan yang menimbulkan stres, mengorok, meminumi kafein yang berlebihan, dan penyebab lain nyeri kronis. Penggunaan atau konsumsi obat-obatan medis yang berlebihan, seperti: acetaminophen, anti-inflamasi nonsteroid, golongan triptan, butalbital, kafein, dan narkotik, dijumpai pada dua pertiga penderita migren kronis. Dalam terminologi medis, kasus sakit kepala seperti ini disebut sebagai 'transformed migraine.

Perlu diketahui pula, pemakaian obat analgesik yang sering adalah penyebab tersering dari sakit kepala akibat konsumsi obat yang berlebihan (medication overuse headache). Sakit kepala berdampak pada konsumsi obat yang banyak ditandai dengan: terjadinya setiap hari seringkali sampai membuat penderita terbangun di pagi hari, sakit kepala menetap sepanjang hari, sakit kepala membaik dengan pemberian analgesik namun muncul lagi setelah obat habis, sakit kepala memburuk dengan aktivitas fisik atau mental. Tanda dan gejala lain pada sakit kepala dikarenakan memakan obat yang berlebihan, misalnya: mual, cemas, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, problematika memori (gangguan daya ingat), mudah marah/tersinggung, depresi.

Terkadang sakit kepala datang secara tiba-tiba ketika kita sedang sibuk di kantor atau dalam aktifitas lainnya. Hal semacam ini yang sangat membuat si penderita merasa terganggu sekali apalagi mengurangi semangat dalam setiap aktifitas. Semua orang tidak menginginkan penyakit seperti ini menimpa pada tubuhnya. Namun banyak orang tidak mengetahui bahwa penyakit seperti ini sangat mudah diatasi dengan bahan-bahan penangkal yang dekat disekitar kita.
Penyakit seperti ini harus segera diatasi sejak dini, agar tidak menjadi penyakit langganan. Terkadang banyak orang yang menjadi langganan penyakit seperti sakit kepala yang datang secara tiba-tiba. Penyakit sakit kepala mungkin dipengaruhi karena faktor-faktor linkungan yang tidak sehat. Sehingga memicu pertumbuhan hormon-hormon tertentu yang membuat tubuh mudah terkena sumber penyakit.

Untuk menghindari hal semacam penyakit ini diperlukan dengan kebiasaan hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat dapat berupa berolah raga secara teratur dan rutin. Dengan cara seperti ini agar membuat kinerja sel-sel dalam tubuh berjalan secara maksimal. Sehingga penyakit yang berupaya datang untuk menyerang organ tubuh dapat dikendalikan. Bukan kita yang dikendalikan oleh berbagai macam penyakit.


Banyak cara orang mengatasi berbagai masalah penyakit seperti ini dengan cara tidak benar. Secara umum setiap penderita mengkonsumsi jenis-jenis obat kimia yang sekarang banyak beredar dipasaran. Memang mengkonsumsi jenis obat-obatan kimia dapat menghilangkan rasa nyeri sesaat. Tetapi dalam jangka panjang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan dapat merusak sel – sel normal yang ada di dalam tubuh kita.

Cara alami adalah satu-satunya cara terbaik dalam mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Dalam jangka panjang pengobatan dengan cara alami tidak memberikan efek yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan dapat membuat tubuh tidak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit yang membayakan.


Tips Sehat Mengatasi Sakit Kepala


Seperti yang telah disebutkan diatas sakit kepala disebabkan karena kebiasaan tidak sehat serta beberapa faktor-fakor tertentu yaitu meliputi, kurangnya tidur, kurangnya kadar air dalam tubuh, kecemasan atau stres yang berlebih dan lain sebagainya banyak yang tidak bisa disebutkan disini. Untuk mengatasi jenis penyakit seperti ini dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan disekitar kita. Tanpa menggunakan bahan-bahan obat yang mengandung kimiawi berbahaya. Cara menggunakan bahan ini cukup simpel dan praktis. Berikut ini tips jitu untuk mengatasi sakit kepala secara cepat.


1. Minum Air Putih Secukupnya

Kekurangan asupan air dalam tubuh adalah salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit tertentu seperti halnya sakit kepala. Untuk mengatasi hal ini biasakan dengan menghindari dehidrasi (kekurangan asupan air dala tubuh) yaitu dengan minum air putih secukupnya. Dehidrasi ini dapat diketahui dengan melihat kadar kekeruhan warna urine. Jika tubuh mengalami dehidrasi warna urin sangat kuning keruh. Usahakan minum air putih secukupnya agar sistem metabolisme tubuh berjalan dengan lancar.

2. Minum Teh

Minuman teh hangat dipercaya dapat mengatasi masalah sakit kepala. Kandungan nutrisi dalam teh sangat berperan bagi tubuh. Dalam membantu menenangkan sel syaraf karena stres agar tetap rileks. Cara membuat minuman teh dengan mencampurkan 2 sendok makan madu murni tanpa gula. Teh dengan capuran madu ini dapat memperlancar sistem pembuluh darah.

3. Es Batu

Es batu memiliki peran ampuh dalam menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Es batu ini dapat digunakan dengan tidak untuk diminum melainkan untuk bahan kompres kepala. Cara ini memang sudah kuno namun memiliki efek sangat cepat dalam meredakan sakit kepala.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat membuat sistem pernapasan yang kekurangan asupan oksigen menjadi lebih rileks. Hal ini akan membuat sistem organ tubuh semakin rileks dan tenang. Cara ini mungkin sudah banyak dikenal oleh orang. Banyak yang memanfaatkan minyak kayu putih ini sebagai alternatif untuk menghilangkan rasa pusing atau sakit organ kepala. Hanya dengan cara  menggosokkan minyak kayu putih pada bagian kepala dan leher.

5. Istirahat atau Tidur Secara Teratur

Istirahat yang cukup sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Untuk mencukupi kebutuhan istirahat ini diperlukan tidur sehari minimal 7 sampai 8 jam. Ini merupakan waktu normal yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Istirahat yang cukup telah terbukti mampu mengusir gangguan stres dan kecemasan berlebihan.

6. Buah Pisang
Dengan buah yang satu ini mungkin semua sudah mengenalnya lebih akrab. Buah pisang ini sangat populer dikalangan masyarakat dari era nenek moyang kita hingga sekarang ini. Buah pisang dikenal memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dalam mengatasi masalah sakit kepala. Buah pisang banyak mengandung mineral magnesium yang berperan untuk membantu meredakan sakit kepala seperti migrain. Buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur.

7. Biji Buah Alpukat
Biji buah alpukat tak kalah penting dalam mengatasi penyakit seperti sakit kepala. Cara ini mungkintidak banyak orang mengetahuinya. Cara menggunakan ramuan ini cukup mudah. Hanya dengan Menyiapkan 2 biji alpukat kemudian dihaluskan. Setelah benar-benar halus campurkan dengan sedikit air putih kemudian untuk mengkompres yang diletakkan pada bagian dahi kepala.

Semoga bermanfaat dan semoga tips diatas dapat meredakan sakit kepala yang sedang anda alami. Perlu diingat, tips diatas kemungkinan tidak akan berlaku pada semua orang, karena setiap orang memiliki karakter tubuh yang berbeda-beda dan orang yang memiliki tubuh tersebutlah yang seharusnya mengerti kondisi tubuhnya.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta