Tips Aman Keluar Masuk Rumah #COVID-19

Tips Aman Keluar Masuk Rumah #COVID-19


Virus Corona atau COVID-19 merupakan virus yang penularannya tergolong sangat cepat dan mudah, karena Virus ini dapat menyebar dari manusia ke manusia, khususnya melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran pernapasan saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. Namun kasus penularan COVID-19 melalui droplet ini terbagi menjadi 2 cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.

Penularan virus corona secara langsung terjadi apabila seseorang yang terpapar virus batuk, bersin, atau berbicara dan percikannya langsung mengenai orang lain. Sedangkan penularan virus corona secara tidak langsung, yakni apabila seseorang menyentuh permukaan atau benda apa pun yang sudah terkena atau terkontaminasi droplet dari seseorang yang terpapar COVID-19, dikarenakan Virus corona dapat bertahan selama beberapa jam di berbagai permukaan, seperti kaca, plastik, baja, tembaga, kertas, hingga kayu. Ketika tanpa diketahui menyentuh benda yang sudah terkominasi virus corona tersebut, dan menyentuh wajah seperti di bagian hidung, mulut, dan mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu, kita berisiko tertular.

Dari sini kita diharapkan untuk harus selalu waspada agar diri kita terhindar dari penularan Virus COVID-19 ini. Apa yang harus dilakukan ketika kita hendak masuk rumah maupun di luar rumah agar kita terhindar dari penularan Virus COVID-19?

 

Tips Masuk Rumah (setelah berpergian keluar rumah)

  1. Jangan sentuh apapun setelah sampai di rumah.
  2. Segera ganti pakaian yang digunakan dari luar rumah, dan letakkan dalam keranjang cucian.
  3. Segera cuci area kulit yang terkena paparan udara luar menggunakan sabun atau segara lah mandi untuk pembersihan menyeluruh.
  4. Bersihkan benda-benda yang dibawa dari luar menggunakan alkohol atau disinfektan (khususnya Handphone dan Kacamata).

 

Tips Keluar Rumah

  • Gunakan Masker, Kacamata, dan Topi untuk proteksi area wajah yang menyeluruh.
  • Usahakan sebisa mungkin agar wajah tidak tersentuh apapun.
  • Minimalisir tangan untuk menyentuh objek umum apapun.
  • Cuci tangan/gunakan Hand Sanitizer setelah menyentuh permukaan atau benda apapun.
  • Usahakan tidak menggunakan transportasi umum.
  • Jaga jarak dengan orang lain (min. jarak 1 meter)