Amankah Memakai Masker saat Berolahraga?

Amankah Memakai Masker saat Berolahraga?


Sejak awal bulan april lalu, pemerintah telah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah demi menekan laju penularan virus COVID-19. Hal ini dikarenakan masker terbukti ampuh menangkal virus yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut. Banyak sekali aktifitas yang biasa kita lakukan di luar rumah seperti bekerja, berbelanja, bermain, hingga berolahraga pun mau tak mau harus kita lakukan dengan menggunakan masker, demi menjaga diri sendiri serta orang lain. Namun sebenarnya amankan memakai masker khususnya pada saat kita berolahraga? Mengingat pada saat berolahraga, tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen dari biasanya.

Terdapat beberapa poin yang dapat mendukung aman atau tidaknya menggunakan masker saat berolahraga,

1. Masker membuat bernafas menjadi tidak lega

Saat berolahraga menggunakan masker, wajar apabila anda akan merasakan napas kurang lega, sesak, dan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan penggunaan masker yang menutupi area hidung dan mulut untuk melindungi penggunanya dari infeksi virus.

 

2. Tidak dianjurkan berolahraga berat

Studi berjudul “Excessive Exercise and Immunity: The J Shaped Curve” menunjukkan bahwa olahraga intensitas ringan-sedang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara, olahraga intensitas tinggi justru menekan sistem kekebalan tubuh. Olahraga dengan intensitas berat lebih berpotensi mengalami risiko terinfeksi tertinggi, termasuk COVID-19 serta cedera dan gangguan kesehatan lain.

 

3. Berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang

Mengacu pada paparan studi sebelumnya, maka lebih disarankan berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Untuk yang tetap ingin berolahraga berat, tidak dilarang, tetapi dianjurkan dilakukan di dalam rumah sehingga tidak terkena kewajiban menggunakan masker.

 

4. Jangan menggunakan masker N95

Masker N95 bisa sangat mempengaruhi fungsi pernafasan penggunanya. Sehingga masker ini hanya diperuntukkan bagi petugas medis. Saat berolahraga sebaiknya menggunakan masker kain / bedah. Kemampuan masker kain & bedah dalam menyaring udara lebih rendah dari masker N95 sehingga pemakaiannya tidak akan terlalu menyesakkan.

 

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa apabila tujuan dari olahraga adalah untuk menyehatkan badan, maka kita dapat memilih untuk berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernapasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, terlebih lagi menyebabkan kematian.

Tetap jaga kesehatan dan tetap berjarak ya! J