Komponen Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD)

Komponen Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD)


Saat ini Alat Pelindung Diri (APD) menjadi perlengkapan yang wajib bagi tenaga medis dalam menjalankan tugasnya, khususnya yang berkaitan dengan virus COVID-19. APD terdiri dari beberapa alat atau perlengkapan yang dapat digunakan agar para tenaga medis dapat benar-benar aman dan terlindungi dari paparan virus dan bakteri. Apa saja komponen-komponen APD?

 

    1. Nurse Cap

    

Penutup kepala sekali pakai yang biasanya digunakan oleh paramedis untuk melindungi rambut dan kepala di dalam/luar ruangan yang berpotensi terjangkit virus/bakteri.

    2. Kacamata Goggle

    

Melindungi mata dari risiko terpapar oleh virus/bakteri. Setiap kacamata goggle biasanya dilengkapi oleh sebuah bahan yang mampu menyerap keringat atau kelembaban untuk mencegah dua hal itu masuk ke mata dan menyebabkan iritasi. Selain kacamata goggle, Face Shield juga dapat digunakan untuk melindungi mata dari paparan virus/bakteri.

    3. Masker Medis / Bedah

    

Masker yang memiliki 3 lapisan untuk menangkal virus/bakteri yang dapat masuk melalui hidung dan mulut. Ketiga lapisan tersebut yaitu kain spunbond > filter melt blown > kain spunbond.

    4. Masker N95

    

Masker N95 juga berfungsi untuk menangkal virus dan bakteri yang dapat masuk melalui hidung dan mulut, namun masker ini memiliki kemampuan yang lebih kuat daripada masker bedah. Masker N95 mampu menahan cairan darah, droplet, dan aerosol.

    5. Baju Hazmat

    

Pakaian yang digunakan untuk melindungi tubuh dari bahan atau zat berbahaya, termasuk bahan kimia, organisme biologi, atau bahan radioaktif. Sehingga hazmat bisa dikenakan oleh orang-orang yang berada di tempat berbahaya, sebagai perlindungan diri.

    6. Sarung Tangan

    

Alat yang digunakan untuk menyentuh benda non-steril. Biasa terbuat dari bahan latex sehingga memiliki tingkat elistisitas yang baik & tidak mudah robek. Alat ini juga berfungsi mencegah penularan virus melalui tangan. Biasa digunakan pada bidang kesehatan untuk merawat orang yang sakit.

    7. Shoe Cover

    

Pelindung sepatu sekali pakai yang terbuat dari bahan non woven spunbond untuk menghindari virus/bakteri yang dapat menempel pada sepatu.

 

 

Kamu bisa mendapatkan perlengkapan APD dengan mudah di Goalkes.com 👍🏻
Caranya,
1. Buka website/aplikasi Goalkes.com
2. Search nama produknya
3. Klik "Beli"
4. Lakukan pembayaran
5. Tunggu pesananmu sampai di rumah

Yuk, beli alat kesehatan hanya di Goalkes.com 😉👌🏼