Makanan Kebanggan

Makanan Kebanggan


Oleh sebab makanan hewani dapat menimbulkan berbagai penyakit, sedangkan makanan nabati tidak kekurangan gizi, lebih sehat, cukup memberikan energi, cukup bervitamin danbermineral dan juga lebih murah. Maka sudah selayaknya makanan nabati adalah makanan yang ideal untuk kita.

Problema Vegetarian?

            Walaupun kita telah melihat bahwa makanan vegetarian adalah makanan yang baik, untuk bertahun-tahun para ilmuwan berpendapat bahwa tidak mungkin bagi manusoa untu hidup dengan protein nabati saja. Kesimpulan tersebut telah diambil berdasarkan pengetahuan bahwa makanan vegetarian murni tidak memilik vitamin B12. Ini berarti, orang yang vegetaruan murni mempunyai kemungkinan besar untuk menderita penyakit pernicious anemia ( umumnya gejala klinis dari pada per icious anemia timbul, bila mana kadar vitamin B12 menurun 10% dari normal). Sebagai bangsa Indonesia kita tidak perlu kuatir dengan masalah ini, sebab berdasarkan penelitian pada tahun-tahun terakhir ini, telah didapatkan bahwa tempe, makanan tradisi Indonesia yang telah menjadi milik bangsa Indonesia untuk lebih dari 1000 tahun, ternyata mengandung vitamin B12. Tempe merupakan satu-satunya makanan nabati yang mengandung vitamin B12, dengan demikian tempe menjadi makanan kebanggan dari bangsa Indonesia.

Tempe makanan Kebanggaan

            Para ilmuwan yang telah mengadakan penelitian mengenai tempe, makanan kebanggan bangsa Indonesia, mendapatkan juga bahwa kadar vitamin B12 pada tempe tidak kalah dengan daging. Dalam surat pribadi yang telah dikirim pada penulis oleh Dr. Ir. Slamet Sudarmadji, Kepala Bagian Laboratorium Mikrobiologi Pangan Jurusan Universitas Gajah Mada, dikatakan bahwa dalam 100 gram tempe terdapat 1,5-6,3 mikrogram vitamin B12. Anda akan sadar bahwa ternyata kadar vitamin B12 pada tempe ternyata lebih tinggi dari pada yang terkandung dalam daging. Bahkan Dr. Ir. Slamet Sudarmadji mengatakan bahwa apabila dengan sengaja diinokulasi dengan mikroba klebsiela, maka kandungan vitamin B12 nya dapat meningkat menjadi 14 microgram setiap 100 gramnya. Sedangkan keperluan vitamin B12 setiap hari untuk orang dewasa hanya 3 microgram.

            Keunggulan tempe sebagai makanan kebanggaan bangsa Indonesia bukan hanya terletak pada vitamin B12nya saja, tetapi juga pada proteinnya. Seratus gram tempe kedele murni mengandung 18,3 gram protein, bahkan bisa mencapai hingga 21 gram, sedangkan kadar protein daging sapi 18,8 gram, daging kerbau 18,7 gram, ayam 18,2 gram , kerbau 18,7 gram, ayam 18,2 gram dan domba 17,1 gram. Dengan demikian kadar protein pada tempe tidak kalah dibandingkan dengan daging, bahkan tempe boleh menjadi pengganti daging yang baik.

            Keunggulan tempe lebih dari pada daging meliputi juga kadar Kalsium dan karbohidratnya. Untuk setiap 100 gram tempe terkandung 129 mg kalsium dan 12,7 gram hidrat arang, sedangkan daging sapi, daging ayam, daging kerbau dan daging domba, masing-masing hanya mempunyai Kalsium yang berkisar antara 7 sampai 14 mg saja, dan sama sekali tidak memiliki hidrat arang.

            Oleh sebab keunggulan-keunggulan tempe dibandingkan dengan berbagai macam daging, sudah selayaknya kita jangan meremehkan tempe, tetapi kita patut mempromosikan tempe sebagai makanan kebanggaan bangsa Indonesia. Tempe dapat lebih terjangkau oleh segenap lapisan masyarakatoleh sebab harganya yang jauh lebih murah di banding hargadaging.

Kacang Kedele

            Tempe dibuat dari kacang kedele, dengan demikian, kacang kedele adalah makanan yang juga kita patut banggakan. Teristimewa pula oleh sebab Indonesia adalah negara penghasil kacang kedele yang tertinggi di seluruh Asia Tenggara setelah RRC. Bahkan pada tahun 1959-1960 Indonesia adalah negara nomor tiga dalam hal luas penanaman kacang kedele yaitu mencapai 606.000 hectar dengan produksi 426.000 ton. Pada saat itu RRC dan Amerika Serikat menempati urutan satu dan dua.

            Sekarang ini, produksi kedele dunia sebagian besar dihasilkan oleh negar-negara Amerika Latin, disusul oleh Amerika Utara dan RRC. Kita bangga karena produksi nasional sekarang ini telah mencapai 674.000 ton per tahun. Kacang kedeledikenal sebagai makanan terbaik kadar proteinnya. Dapat mencapai 35 persen dari pada beratnya. Dikatakan bahwa kacang kedele dibandingkan dengan beratnya hanya dapat menghasilkan dua kali protein daging, empat kali telur, empat kali gandum, lima atau enam kali roti dan dua belas kali susu. Ternyata protein kacang kedele bukan saja jumlahnya yang banyak, tetapi juga mempunyai kwalitet yang baik. Umumnya cukup dikenal bahwa protein hewani seperti daging, susu dan telur adalah protein yang lengkap. Tetapi ternyata protein kacang kedele, walaupun termasu protein nabati lebih mirip menggambarkan protein hewani dari pada protein nabati.

Susu Kacang Kedele           

            Sekarang ini susu kacang kedele telah lebih dikenal, walaupun perkembangannya di Indonesia kurang lancar. Umumnya perkembangan yang terbatas disebabkan adanya anggapan bahwa susu kacang kedele tidak bisa menandingi susu sapi, apakah benar demikian? Para ilmuwan dalam penelitian-penelitiannya menunjukkan bahwa protein susu kacang kedele menggambaran komposisi dan zat-zat kimia pada susu sapi. Susu kacang kedele dapat menjadi asam seperti susu sapi. Glycinin dari susu kacang kedele seperti susu sapi, dapat menggumpal dengan asam. Bahkan riset Dr. Tso, menunjukkan bahwa bayi dapat diberikan minum susu kedelepada dua bulan pertama dari umur hidupnya tidak kurang suatu apapun, tanpa menggunakan susu hewani.

            Percobaan penggunaan susu kedele untuk anak-anak ternyata telah dapat terlihat pada anak-anak sewaktu Jepang menguasai Cina pada tahun 1937-1939. Di tempat pengungsian di Shanghai terdapat 25.000 sampai 37.000 anak-anak yang menerima susu kedele setiap hari. Dr. Hoh dan teman sejawatnya dari Henry Lester Institute of Medical Research di Shanghai melaporkan bahwa hasil-hasil menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima susu kacang kedele, mempunyai berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima susu kacang kedele.  Bagi anak-anak yang berusia setahun dan minum susu kacang kedele menunjukkan badan lebih tinggi dan lebih besar.

            Dr. Wolfgang Tilling dari Hamburg telah mengadakan risetjuga pada masa Perang Dunia II dan setelah masa perang terhadap anak-anak Jerman yang kekurangan gizi dengan memberikan susu kacang kedele kepada mereka. Kesimpulan dari pada riset tersebut adalah bahwa susu kacang kedele adalah pengganti yang lengkap dari susu sapi.

            Dalam sebuah percobaan yang telah dibuat di Rumah Sakit Anak-anak, Colombus, Ohio telah dibandingkan pengaruh pertumbuhan anak yang mendapat susu kacang kedele dengan anak-anak yang mendapat susu sapi. Ternyata lebih baik secara kadar hemoglobin, berat badan tinggi  badan maupun serum proteinnya dari pada anak-anak yang minum susu kacang kedele seimbang dengan mereka yang minum susu sapi.

            Keunggulan susu kacang kedele bukan hanya dalam protein dan pengaruhnya dengan pertumbuhan saja, tetapi juga menjawab argumentasi kurangnya vitamin B12. Dr. Wolfgang Tilling dari Hamburg German telah menemukan synthesis vitamin B12 pada usus kecil anak-anak yang minum susu kacang kedele. Dikatakan bahwa jumlah yang besar dari pada vitamin B12 juga diekskresikan melalui kotoran dan air seni. Oleh sebab kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan pernicoious anemia, maka tidak heran bahwa anemia jarang dijumpai pada negara dimana kacang kedele sebagai makanan mereka yang digunakan secara luas.