4 min read

Beberapa Jenis Buah-buahan yang Dapat Membantu Program Diet

Beberapa Jenis Buah-buahan yang Dapat Membantu Program Diet
Photo by Jonas Kakaroto

Menurunkan berat badan tidak harus mengkonsumsi obat penurun berat badan yang mahal. Saat ini selain obat tradisional juga telah ada berbagai macam merk obat penurun badan terpopuler. Dan menjadi pilihan utama kaum wanita yang menginginkan badan langsing. Alasan seseorang memilih untuk melakukan diet selain untuk kecantikan, juga dikarenakan bentuk tubuh yang sudah tidak sedap dipandang lagi oleh suami atau istri. Dalam artikel ini akan memberikan solusi menurunkan berat badan secara alami salah satunya dengan buah pisang. Buah-buahan yang dapat membantu program diet,  berat badan yang berlebih pasti akan menggangu si pemilik tubuh dalam melakukan aktifitas hariannya. Jika kelebihan berat badan yang dimiliki seseorang masih terbilang wajar, mungkin si pemiliki berat badan tidak akan terlalu memikirkan masalah berat badan berlebih yang sedang dialaminya. Namun, jika berat badan yang dimiliki seseorang itu sudah melebihi batas maksimal, pasti orang tersebut akan merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri.

Melakukan diet adalah sebuah pilihan jika berat badan seseorang sudah melebihi batas kewajaran. Melakukan diet tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, akan ada banyak pantangan dan hambatan dalam melakukan program diet. Jika kita memahami mengapa tubuh kita bisa memiliki berat badan yang berlebih, pastilah kita kan tahu bagaimana cara untuk mengatasi atau bahkan bisa menurunkan berat badan kita tanpa perlu membeli obat-obatan mahal yang belum tentu jelas hasilnya.

Dari sekian banyakcara menurunkan berat badan, yang paling utama adalah menekankan kepada pengaturan pola makan dan melakukan olahraga secara teratur. Perlu digaris bawahi, diet itu bukan berarti kita tidak makan seharian. Jika kita melakukan hal itu, kita pasti akan kurus semua sepakat dengan hal ini. Yang jadi permasalahan disini adalah, efek samping dari kegiatan kita yang tidak makan seharian. Apa akibatnya jika kita keseringan tidak makan dalam satu hari? Jawaban pasti akan berbeda-beda. Pada umumnya, jika kita mengurangi konsumsi makanan dalam satu hari atau tidak makan, badan akan terasa lemas. Kerja otot akan semakin melemah dan kita akan merasa mudah lemas dan mudah mengantuk. Jika kegiatan ini diteruskan, tidak menutup kemungkinan juga mempengaruhi asam lambung.Diet sehat merupakan diet yang tetap menjaga asupan gizi tubuh yang harus tetap dipenuhi. Selain menjaga pola makan, diet sehat juga tetap melakukan kegiatan pembakaran lemak / olah raga. Meskipun kita mengatur pola makan, tetapi kita jarang melakukan olahraga, lemak yang masuk melalui makanan juga akan tetap tertimbun.

Beberapa dokter menyarankan agar pelaku diet sehat mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang melakukan program diet diantaranya :

1. Yogurt

Kandungan gula, lemak dan protein dalam yogurt dapat membantu kita mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Tapi yang perlu diperhatikan disini, tidak semua yogurt itu baik untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

2. Apel

Kandungan serat dalam buah apel sangat baik untuk proses pencernaan. Apel juga memiliki efek mengenyangkan, selain itu kandungan antioksidan dalam buah apel itu sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang

3. Alpukat

Manfaat buah alpukat bagi tubuh salah satunya adalah membantu program diet. Kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam alpukat dapat meningkatkan leptin atau hormone yang berfungsi untuk menahan lapar. Rasa kenyang setelah makan buah alpukat inilah yang dapat membantu anda menurunkan berat badan karena menunda rasa lapar. Alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Keadaan ini teruji dari  menurunnya  jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari. Karena mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, maka buah alpukat ini juga disarankan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk dijadikan menu harian.

4. Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai peningkat sensitifitas hormone insulin. Hormone insulin disini berperan dalam membantu pembangunan otot dan menurunkan lemak pada bagian perut.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan serta memberikan rasa kenyang karena mengandung lemak yang sehat bila dikonsumsi.

Mungkin lima daftar makanan diatas dapat membantu anda dalam melaksanakan program diet yang sedang anda jalani. Karena pada dasaranya, kita melakukan program diet tanpa memikirkan pola makan yang sehat, akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga, diet yang seperti inilah yang dikatakan diet tidak sehat.

6. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi sehatan tubuh seseorang. Memakan buah pisang membuat perut menjadi terasa kenyang sehingga keinginan untuk memakan makanan yang lain menjadi berkurang. Dalam buah pisang terdapat Fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi secara maksimal.Menurunkan berat badandengan menggunakan buah pisang dipercaya banyak orang dapat menurunkan berat badan secara cepat dan tidak menimbulkan efek samping. Pisang merupakan jenis buah yang dapat mengenyangkan perut namun sedikit mengandung kalori. Rasa kenyang dalam perut dapat berlangsung cukup lama saat mengkonsumsi buah pisang ini.

Pisang juga merupakan buah yang tergolong jenis makanan sehat karena kandungan vitamin yang terdapat didalamnya. Buah pisang mengandung vitamin C, Vitamin B6, serat serta potasium. Mengkonsumsi satu buah pisang berukuran sedang sudah dapat mencukupi kebutuhan kalori sebesar 120 sampai 160 kalori. Pisang juga banyak mengandung serat, serat inilah yang membantu seseorang dalam melancarkan program diet. Peran pisang dalam proses diet ini bukan dalam hal menurunkan lemak secara langsung, melainkan fungsi buah pisang saat dikonsumsi adalah untuk meningkatkan metabolisme. Metabolisme adalah proses membakar lemak yang terjadi didalam tubuh, dengan bantuan buah pisang proses metabolisme dalam tubuh dapat berlangsung secara cepat.

Beruntunglah bagi anda yang memiliki keringat berlebih, entah itu sedang olahraga atau sedang dalam keadaan santai, karena keringat berlebih yang anda miliki bisa disebabkan karena proses metabolisme dalam tubuh anda terlalu cepat. Makanan yang masuk langsung diproses dan diubat menjadi keringat. Banyak mengkonsumsi buah pisang juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit tekanan darah tinggi hal ini disesababkan karena adanya kandungan kalium dalam buah pisang. Makan buah pisang sebelum tidur dapat membuat anda tehindar dari rasa lapar saat malam hari.

Pada malam hari, terkadang seseorang sering merasa lapar, hal ini merupakan hal yang wajar, karena pada dasarnya tidur merupakan kegiatan yang juga membutuhkan energi. Makan saat malam hari selain berpotensi mengakibatkan kegemukan, juga dapat berpotensi mengakibatkan penyakit jantung. Tidur dimalam hari bertujuan untuk mengistirahatkan beberapa organ pencernaan dan menstabilkan sirkulasi darah. Maka dari itu, disarankan untuk tidak terlalu banyak makan saat hendak tidur, jika ingin makan, makanlah makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta