4 min read

Buah dan Sayuran Penangkal Penuaan

Buah dan Sayuran Penangkal Penuaan

Siapapun pasti akan sepakat bahwa bila mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah anjuran yang sering kita dengar oleh orang tua kita adalah “ Jangan lupa banyak makan sayuran.” Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Selai sebagai sumber vitamin dan mineral bagi tubuh, ternyata bermanfaat sebagai obat yang ajaib. Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai aintioksidan.Dengan makanan sehat yang anda pilih, yaitu sayuran dan buah-buahan, maka anda akan bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya. Serta banyak manfaatnya selain dari mencegah penyakit dan meningkatkan kekuatan tubuh. Kesehatan adalah harta paling berharga yang seyogianya dimiliki oleh setiap keluarga.

Mencegah penyakit tertentu jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya, apalagi dengan semakin mahalnya harga obat dan biaya rumah sakit. Upaya terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit adalah dengan mengatur pola makan. Hanya melalui pola makan yang baik akan tercipta sistem imunitas atau kekebalan, sehingga tubuh mampu menangkal berbagai penyakit. Meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat kini telah meningkatkan konsumsi buah dan sayuran sebagai suatu bagian dari pola makan yang berdasarkan kepada prinsip “back to nature,” yaitu suatu gaya hidup yang sedapat mungkin memanfaatkan bahan-bahan segar alami dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian keluarga bahkan telah memulai untuk membudayakan konsumsi buah dan sayuran dala menu keseharian keluarga.

Buah dan sayuran merupakan sumber zat gizi dan zat bukan gizi yang keduanya berperan penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai sumber zat gizi, sayuran berperan dalam mengatur pertumbuhan, pemeliharaan, dan penggantian sel-sel tubuh manusia. Belakangan ini, peranan zat-zat bukan gizi pada sayuran menjadi semakin penting dalam pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Tubuh yang kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Menjadi cepat lelah, berkurangnya daya tahan tubuh, serta mudah tersinggung karena masalah yang sepele. Sebaliknya, bila tubuh berada dalam kondisi fit, biasanya pikiran juga akan lebih jernih dan segar dalam menangani masalah dan mampu bertahan.

Setiap anda memasukkan makanan ke dalam tubuh, anda telah membuat suatu keputusan penting untuk masa depan. Setiap ons makanan mempunyai kemungkinan menguatkan atau melemahkan tubuh. Jadi ungkapan “ you are what you eat” adalah sangat benar adanya. Pada awalnya, manusia sangat bergantung pada alam, kebutuhan makanan pun hanya disesuaikan engan tanaman, baik buah maupun sayuran yang tumbuh di sekitarnya. Keadaan manusia pada saat itu juga sangat baik. Tanpa adanya berbagai macam penyakit yang mengganggu. Hal ini memberi alasan kuat untuk semakin sadar betapa dibutuhkannya makanan yang alami dan sehat bagi tubuh. Memakan buah-buahan dan syuran dalam bentuk sarinya atau jus ternyata banyak bermanfaat untuk mencegah, mengobati dan membuat awet muda seta menghambat penuaan dini.

Namun, jika tubuh sudah lemah, berpenyakitan, ditambah lagi usia sudah lanjut sanagat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan syuran daam bentuk jus. Jus buah dan sayuran dapat dengan cepat disertap oleh tubuh dalam beberapa menit. Sementara itu, makan keras membutuhkan beberapa jam untuk dapat dicerna dan diserap ke dalam sel dan jaringan tubuh. Perlu kita ketahui, bahwa kurang mengonsumsi buah dansayuran selain dapat menyebabkan sembelit juga dapat menyebabkan kulit tampak kusam, kering dan menyebabkan terjadinya penuaan dini. Sebaliknya buah dan sayuran dapat membantu memperlambat penuaan dini. Organ adalah mesin bagi tubuh sehingga harus diisi dengan bahan bakar yang baik supaya dapat tahan lebih lama.

Tubuh kita sanggup bekerja dengan baik, asalkan kita bisa merawatnya dengan baik pula. Cara perawatan tubuh yang baik adalah menyediakan bahan-bahan bermutu bagi pertumbuhannya. Makanan yang dimakan setiap hari sangat memengaruhi kesehatan, kepribadian , dan kebiasaan seseorang. Nutrisi yang lengkap dan seimbang bagi tubuh harus dipenuhi agar energi tersedia cukup. Energi yang dibutuhkan sangat tergantung pada masing-masing individu. Perempuan membuthkan energi lebih sedikit dari pada pria, tetapi juga membutuhkan asupan energi harus cukup bagi organ-organ tubuh untuk bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Oleh sebab itu buah dan sayuran sangat perlu bagi kita semua.

Di Indonesia tidak kalah banyaknya yang diyakini bisa menunda proses penuaan seseorang. Di samping itu ada banyak bahan pangan yang dapat menjadi sumber antioksidan alami, seperti dedaunan, biji-bijian, serelia, buah-buahan, sayur-sayuran, dan herbal.

Alpukat

Buah alpukat dapat dimanfaatkan untuk asupan vitamin E. Sayangnya buah alpukat banyak mengandung lemak sehingga banyak masyarakat takut menjadi gemuk bila mengonsumsinya. Berbeda dengan buah-buah lain, alpukat hampir tidak mengandung pati, sedikit gual, namun serat berlimpah. Untuk kecukupan asupan vitamin E dari alpukan dibutuhkan kira-kira1/2 kg, sedangkan bagi orang yang sakit dapat memberikan energi ang cukup tinggi saat dikonsumsi.

Apel

Khasiat apel terletak pada kandungan karoten dan oektinnya yang berupa serat larut dalam air. Bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah, dan dapat mengikat logaam berat, seperti timbal dan merkuri, dan mengeluarkannya dari tubuh.

Bayam

Sayuran bayam banyak mengandung vitamin dan mineral serta merupakan sumber klorofil yang baik sekali, sehingga baik untuk menghilangkan berbagai ganguan pada tubuh dan merupakan sumber energi yang cepat berkumpul. Bayam merupakan sayuran yang kaya klorofil dan karoten, termasuk di dalamnya betakaroten yang mempunyai sifat antioksidan.

Kandungan gizi dalam sayuran bayam bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mencegah dan menghindari kanker. Bayam mengandung kandungan purin yang tinggi, sehingga tidak disarankan pada penderita asam urat yang tinggi.

Brokoli

Sayuran ini tidak asing lagi bagi banyak masyarakat. Sayuran yang mirip bunga kubis ini ternyata banyak mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi, sehingga diyakini dapat bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan. Bermanfaat juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah konstipasi atau sembelit. Brokoli dikenal sebagai sayuran antikanker, antioksidan, dan pembersih tubuh yang baik. Di duga klorofil pada brokoli dapat menghambat mutasi sel kanker. Perempuan lebih dianjurkan mengonsumsi brokoli untuk mencegah timbulnya kanker payudara.

Pepaya

Buah pepaya adalah buah tropis yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik, sehingga mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain kaya kandungan vitamun C na , pepaya juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Kandungan serat di dalamnya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai lanjut usia.

Jeruk

Masyarakat luas tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah jeruk, yang diidentikkan dengan vitamin C nya. Buah dengan rasa segar ini memang kaya vitamin C dan mineral. Jeruk juga mengandung serat makanan yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh normal. Buah jeruk banyak memiliki vairetas dengan berbagai keunggulan masing-masing dari mulai yang memiliki rasa asam hingga manis.

Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang sangat istimewa dan digemari karena memiliki kandungan zat gizinya yang sangat tinggi. Kandungan zat pektin yang ada dalam buah jambu biji bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Wortel

Sayuran wortel ini telah dikenal sejak nenek moyang kita dulu kala. Saat wortel masih muda, rasa manisnya lebih terasa dibandingkan dengan wortel yang lebih tua. Wortel muda banyak mengandung gula sederhana berupa glukosa dan sukrosa. Makin tua, rasa manisnya semakin berkurang karena sebagian monosakarida telah diubah menjadi pati. Saat kita lapar, umbi wortel dapat menjadi pengganti nasi atau makanan membuat tubuh kembali bugar.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta