2 min read

Desain Interior Ruang Inap dan Fasilitas Penunjang Rumah Sakit Mempengaruhi Psikologi Pasien

Desain Interior Ruang Inap dan Fasilitas Penunjang Rumah Sakit Mempengaruhi Psikologi Pasien

Pemilihan warna pada properti fasilitas kesehatan seperti rumah sakit secara cermat ternyata sangat penting. Hal ini berpengaruh pada psikologis pasien, dokter, atau pun pengunjung institusi kesehatan tersebut.

“Warna sangat penting digunakan dalam proses pemulihan pasien rumah sakit. Warna memiliki efek terapeutik yang mampu membantu pemulihan psikologis dan menunjang kesehatan fisik. 60 persen manusia itu menggunakan Orbitofrontal Cortex yang memungkinkan mereka menyerap informasi lewat visual,” ujar Efnie pada seminar bertajuk “Psychology of Color: Hospital & Health Facility”

“Kita bisa gunakan warna-warna pastel ataupun lembut dalam properti fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Warna tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi pasien rumah sakit. Namun penentuan warna harus sangat teliti melihat fungsi ruangan kegiatan penyembuhannya. Kita tidak mungkin menggunakan warna-warna yang mengganggu di ruang dokter atau pasien,” kata Dina. Selain itu, lanjut Dina, pemilihan warna juga dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti jenis fasilitas kesehatan, tren, budaya dan sosial ekonomi masyarakat, gender, serta perilaku dalam ruang. “Aspek budaya bisa dilihat misalnya pada rumah sakit di Surabaya yang pernah saya desain. Karena di sana pasien didominasi oleh masyarakat Madura, jadi digunakan warna-warna keras. Mereka (masyarakat Madura) terbiasa dengan warna-warna keras di lingkungannya,” tandas Dina. Dina menuturkan, penggunaan warna-warna tersebut dapat diterapkan melalui berbagai unsur bangunan, seperti lantai, dinding, atap, lampu, furnitur, peralatan medis, dan penanda arah.

Handrailing / Wall Guard Protection / PVC Dinding / Bumper Guard / Railing Pegangan adalah sebuah Interior Rumah Sakit yang terbuat dari bahan aluminium dan cover bahan PVC yang dapat digunakan untuk pegangan pasien saat berjalan di koridor, dan bisa juga sebagai pelindung dinding dari benturan besi tempat tidur atau troli makanan. Produk ini dapat dipasang di pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, sekolah, pabrik obat-obatan dan alat kesehatan

https://www.goalkes.com/framedrecindomassejahtera/handrail-type-xy159-permeter-warna-krem

https://www.goalkes.com/framedrecindomassejahtera/handrail-type-xy89-permeter-warna-krem

Wall Guard adalah sebuah Interior Rumah Sakit yang terbuat dari bahan alluminium dan cover dengan PVC yang dapat digunakan sebagai pelindung dinding dari benturan bed atau tempat tidur dan troli makanan dan biasa di pasang di koridor.
https://www.goalkes.com/framedrecindomassejahtera/grab-bar-railing-toilet-32-23-putih

Corner Guard adalah sebuah Interior Rumah Sakit yang terbuat dari bahan aluminium dan cover bahan PVC yang dapat digunakan untuk melindungi dari benturan bed (tempat tidur) dan bisa juga sebagai pelindung dinding dari benturan troli makanan. Produk ini dapat dipasang di pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, sekolah, area parkir, pabrik obat-obatan dan alat kesehatan

https://www.goalkes.com/sinarmed/corner-guard-type-xy51-color-off-white

Railing Toilet/Grab Bar adalah sebuah Interior Rumah Sakit, pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, sekolah, pabrik obat-obatan dan alat kesehatan yang terbuat dari bahan SUS 304 dan dicover dengan bahan nilon dan biasa di pasang di dalam ruang kamar mandi untuk pegangan pasien membantu untuk berdiri dari posisi jongkok ke posisi berdiri.

SHOWER SEAT

Shower Seat adalah sebuah Interior Rumah Sakit yang biasa di pasang di dalam ruangan kamar mandi yang berfungsi untuk duduk pasien saat mandi dan bisa di lipat ke dinding setelah tidak di pakai.

https://www.goalkes.com/framedrecindomassejahtera/shower-seat-320-31

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta