4 min read

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah
Photo by Christin Hume

Dalam kehidupan ini wanita dan pria sangat memperhatikan kondisi wajahnya, bila ada masalah bisa membuat tingkat kepercayaan diri menurun. Dari masalah ini, merawat wajah adalah sesuatu yang penting. Bahkan ada sebagian wanita yang rela mengeluarkan uang yang sangat banyak hanya untuk perawatan wajah. Tetapi tidak semua orang bisa mampu melakukan itu karena masalah finansial. Tenyata ada beberapa makanan yang baik dan sehat untuk perawatan wajah seperti yang di uraikan berikut :

1. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang berguna untuk kelembapan kulit agar tetap terjaga. Untuk konsumsi buah alpukat, umumnya dengan menjadikannya jus aplukat, tetapi jika menggunakan gula maka sebaiknya jangan berlebihan gulanya. Manfaat dari mengonsumsi buah alpukat sangat penting untuk kesehatan kulit dan kelembaban kulit. Konsumsi buah alpukat sangat penting bagi anda yang memiliki jenis kulit kering.

2. Wortel
Wortel kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Potasium. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit yang baik. Dengan begitu, pastikan memasukan wortel di dalam menu makanan Anda sehari-hari.

3. Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol yang cukup tinggi, manfaatnya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Minum teh hijau mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit wajah.

4. Ikan
Ikan yang disaran untuk Anda konsumsi seperti ikan tuna dan salmon, yang merupakan sumber asam lemak omega-3 dan juga kaya akan protein. Penelitian para ilmuwan menemukan bahwa kandungan asam lemak omega 3 mampu berfungsi dengan baik untuk mengatasi serangan radiasi ultraviolet pada kulit.

5. Buah Berry
Jenisnya yaitu strawberry, blackberry, dan raspberry. Manfaat buah lezat ini baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antidoksidan di dalamnya berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang sangat berbahaya.

6. Coklat Hitam
Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang bermanfaat bagi kulit, termasuk kulit wajah. Perannya yaitu mampu mencegah kerusakan kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

7. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya, selain mengonsumsinya, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya: pertama-tama kunyit diparut hingga halus. Lalu bubuk kunyit dicampur air lemon secukupnya. Setelah itu, tinggal aplikasikan pada wajah.

8. Biji-bijian
Makanan biji-bijian seperti kacang polong dan kacang merah, yang memiliki kandungan serat yang banyak, serta mengandung protein, vitamin B, zat besi dan folat. Kandungan-kandungan tersebut sangat penting bagi kulit.

9. Buah-buahan Kaya akan Kandungan Vitamin C
Beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi vitamin C seperti jeruk, tomat dan papaya. Mengonsumsinya bermanfaat untuk membantu Anda agar memiliki wajah yang cerah.

10. Brokoli
Brokoli kaya akan dengan segala macam antioksidan yang penting bagi tubuh, serta mengandung vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin K. Nutrisi yang sangat banyak pada sayuran brokoli bermanfaat besar bagi kesehatan kulit, serta dapat membantu Anda untuk memiliki kulit yang lebih bercahaya. Ramuan Alami Agar Wajah Tampak Lebih Bercahaya, Bersih dan Awet Muda

11. Mentimun
Anda bisa memanfatkan mentimun untuk mengangkat noda-noda hitam di wajah , sehingga wajah menjadi tampak sangat bersih. Untuk melakukannya, pertama-tama siapkan 1/2 mentimun, lalu Anda kupas hingga bersih. Setelah itu, campurkan dengan 1 sendok susu tanpa lemak dan 1 sendok yoghurt di dalam sebuah blender. Anda blender campuran tersebut. Setelah selesai, oleskan pada wajah. Setelah itu tunggu selama 20 menit, lalu baru bilas menggunakan air hangat.

12. Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk membuat kulit lebih halus, dan juga lebih bercahaya. Untuk melakukannya, pertama-tama belah jeruk menjadi 2 bagian. Lalu peras airnya dan aplikasikan ke wajah. Setelah selesai mengoleskan tunggu selama 20 menit, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat.

13. Apel
Manfaatkan buah apel untuk memiliki kulit lebih bercahaya dan mengurangi kelebihan minyak di wajah. Caranya: pertama-tama hancurkan buah apel (agar lebih mudah pakai blender). Ingat, memblender tanpa menambahkan air. Setelah halus, maka tinggal diaplikasikan pada wajah.

14. Tomat
Tomat bisa Anda gunakan untuk membantu membuat kulit tampak berbahaya, menghilangkan komedo, jerawat dan flek hitam. Hal itu karena tomat kaya akan kandungan antioksidan. Cara memanfaatkan tomat, pertama-tama haluskan buah tomat, lalu campurkan 1 sendok madu. Setelah itu tinggal mengoleskan pada wajah, diamkan 15 menit. Lalu basuh wajah menggunakan air hangat.

15. Pisang
Buah pisang bisa Anda manfaatkan untuk melembabkan dan membuat kulit lebih kenyal. Caranya: Siapkan buah pisang ambon, lalu kupas kulitnya dan haluskan, letakan pada sebuah wadah / mangkok. Lalu campurkan dengan 1 sendok madu. Setelah itu tinggai oleskan secara merata pada wajah.

16. Pepaya
Pepaya bisa Anda gunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Pepaya hijau mengandung enzim papain juga bermanfaat untuk memutihkan kulit. Caranya: siapkan satu sdm pepaya hijau yang telah dihaluskan, dan satu sdm pepaya masak yang juga telah dihaluskan, kemudian campurkan keduanya. Campulan tersebut kemudian diaplikasikan wajah. Setelah mengoleskan maka tunggu 15 menit, baru setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Ada banyak bahan-bahan alami lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan dan keindahan wajah, yaitu bengkoang, kentang, minyak alpukat, paprika, yogurt, chamomile, susu, dan almond

Beberapa Hal Lainnya Penting Diketahui Untuk Perawatan Wajah:

  1. Setelah berpergian dari luar, maka segera dan jangan malas untuk memberihkan wajah. Minimal membersihkan dengan air mengalir, lebih bagus lagi membersihkan dengan sabun khusus wajah.
  2. Hindari penggunaan make up yang tebal untuk mengurangi “beban” pada kulit wajah. Menggunakan make up yang terlalu tebal berakibat pori-pori kulit akan sulit bernafas, yang memicu wajah berminyak dan jerawat.
  3. Pastikan tangan bersih ketika Anda Ingin menyentuh wajah. Tangan harus dibersihkan dari kotoran dan debu, hal ini penting untuk mencegah tersebarnya kuman dan bakteri di wajah.
  4. Anda bisa mengonsumsi suplemen Vitamin E setiap hari, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  5. Hindari konsumsi mie yang berlebihan karena akibatnya bisa memicu resiko wajah dan kulit tampak lebih tua. Kandungan pengawet dari mie, serta kandungan di dalam bumbunya kurang baik bagi kesehatan. Mie hanya makan seliangan (iseng-iseng) yang tidak boleh dikonsumsi secara rutin.
  6. Penting bagi Anda untuk benar-benar membatasi konsumsi makanan yang berlemak, makanan mengandung gula / manis, makanan berminyak, berkolesterol dan makanan cepat saji.
  7. Hentikan kebiasaan buruk mengonsumsi alkohol, merokok dan konsumsi obat-obatan terlarang.
  8. Bersihkan wajah setiap ingin tidur, untuk membersihkan kotoran di wajah penyebab munculnya flek hitam, jerawat dan iritasi.
  9. Dalam Hidup ini penting untuk selalu berpikir positif, jadilah orang yang taat dalam beragama dan pelajari ilmu agama dengan benar. Jalani ibadah sesuai aturan dan bergaul dengan cara yang baik.

Menerapkan hal ini dalam hidup Anda sangat penting untuk menghindari strees dan depresi. Dimana stres dan depresi menjadi salah satu penyebab seseorang rentan mengalami kulit wajah yang kusam dan berkeriput.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta