4 min read

Manfaat Olahraga Pagi Bagi Kesehatan & Psikologis

Manfaat Olahraga Pagi Bagi Kesehatan & Psikologis

Sudah umum diketahui banyak orang, bahwa ada banyak manfaat dari olahraga yang dilakukan di pagi hari. Hal ini diketahui baik oleh orang yang rajin berolahraga maupun yang malas atau jarang berolahraga. Dengan rutin melakukan olahraga, maka tubuh juga akan menyesuaikan untuk melakukannya setiap hari. Hingga akhirnya, olahraga pagi menjadi sebuah rutinitas yang mudah dilakukan. Olahraga terutama di pagi hari menjadi sebuah cara yang paling baik dan alami untuk menjaga kebugaran tubuh, yang ternyata manfaat olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan jasmani, akan tetapi juga amat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan mental. Rajin berolahraga (usahakan setiap hari) menjadikan Anda dapat lebih berstamina, dan membuat badan selalu segar dan pikiran fresh dalam menjalankan aktivtias sehari-hari.

Manfaat Olahraga Pagi Bagi Kesehatan:
1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Olahraga pagi mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kita. Seperti dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya Anda bisa lebih aktif dan energik dalam sepanjang hari. Olahraga pagi membuat Anda mengeluarkan keringat di dalam tubuh, ini membantu untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh. Yang nantinya berguna membuat tubuh tidak mudah lelah dan terhindar dari stres.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Pada sebuah penelitian di Nihon Fukushi University di Handa, Negara Jepang, menunjukan hasil bahwa berolahraga pagi memiliki peran dalam membantu meningkatnya kecerdasan otak seseorang. Dimana orang yang rutin berolahraga di pagi hari akan punya tingkat intelektualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang malas berolahraga. Adapun bentuk penelitiannya yaitu dilakukan selama 4 bulan lamanya, dengan meneliti 7 orang yang masih muda dan sehat, kemudian 7 orang tersebut diminta untuk berlari selama 30 menit, hal ini rutin dilakukan sebanyak 3 kali seminggu, yang prosesnya berlangsung 4 bulan. Sebelum diminta melakukan olahraga pagi tersebut, mereka diminta untuk mengikuti tes berbasis computer. Setelah melakukan olahraga pagi tersebut selama 4 bulan, maka mereka diminta lagi untuk mengikuti serangkaian tes berbasis computer. Maka hasilnya bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai tingkat kognitif mereka semuanya. Sehingga para peneliti tersebut mengambil kesimpulan bahwa olahraga pagi seperti jogging atau bersepeda (ataupun semacamnya) secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memori dan kecerdasan otak.

3. Menghilangkan Rasa Sakit Kepala
Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan hasil bahwa rasa sakit kepala juga banyak terjadi karena tidur yang terlalu lama. Karena kebiasaan tidur yang terlalu lama ini mengakibatkan sistem saraf otak menjadi terganggu. Kemudian meningkatnya hormon serotonin secara berlebihan malah mengakibatkan kepala menjadi terasa sakit, sehingga melakukan olahraga pagi memiliki manfaat besar agar kita terhindari dari tidur yang terlalu lama karena tubuh menjadi bugar. Kita juga dengan melakukan olahraga pagi akan merasakan hangatnya sinar matahari saat itu yang sangat baik untuk kesehatan karena terdapat vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan tulang dari masalah keropos. Dimana vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari tersebut juga akan diolah menjadi antibodi yang berfungsi untuk mencegah tubuh mudah terserang penyakit. Tentunya saat yang tepat mendapatkan sinar matahari pagi, yaitu dengan berolahraga paling lama jam 8 pagi, dan kalau bisa lebih cepat dari itu maka lebih baik.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer
Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak University of South Carolina, mendapatkan hasil penelitiannya bahwa dengan melakukan jogging di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya pikir otak, yang itu sangat penting untuk menghindarkan seseorang terkena masalah penyakit Alzheimer.

5. Menyehatkan Jantung
Olahraga yang dilakukan di pagi hari mampu mempengaruhi aktivitas jantung, yang memicu tingginya hormone adrenalin di dalam tubuh sehingga memacu jantung untuk berdetak lebih cepat, hal ini bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung agar tetap dalam keadaan yang baik. Akan tetapi yang juga perlu diingat bahwa jika aktivitas jantung yang berdetak kencang mengakibatkan munculnya rasa nyeri di dada, maka hal ini tentu berbeda (bukannya pertanda sehat, malah sebaliknya merupakan pertanda sakit), sehingga perlu konsultasi ke dokter atau ahli kesehatan.

6. Mencegah Hipertensi
Olahraga pagi hari dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati (mood) menjadi baik. Hal ini membuat Anda dapat lebih terhindari dari masalah darah tinggi (hipertensi), terutama yang di akibatkan oleh stres. Melakukan olahraga nantinya memperlancar aliran darah dan juga memperkuat jantung, hal ini penting terutama bagi Anda yang khawatir dengan penyakit hipertensi kronis. Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jalan cepat, latihan pemanasan, bersepeda, aerobik, dll.

7. Kerja Lebih Bersemangat dan Fokus
Dimana hal ini berkaitan dengan tingkat kebahagiaan atau mood seseorang. Walaupun mulanya harus berjuang bangun pagi dari tempat tidur, yang nantinya memulai melakukan olahraga, tetapi hasilnya setelah itu amat manis. Anda dapat dengan lebih mudah bangun di pagi hari dengan penuh semangat, sehingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat lebih baik.

8. Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
Tingkat kualitas tidur malam bergantung pada keteraturan hidup seseorang. Hal yang perlu diterapkan dalam hidup yaitu bangun dan tidur pada waktu yang sama pada setiap harinya. Untuk mempermudah melakukan itu, maka lakukan olahraga di pagi hari. Pembakaran kolari karena melakukan olahraga sehingga berkeringat, juga bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak dan bisa tepat waktu. Sehingga Anda akan memiliki kualitas tidur yang baik.

9. Terhindar Dari Stress
Jika seseorang amat jarang berolahraga maka membuat jiwa tidak bersemangat, sehingga aktivitas yang dilakukan pun menjadi tidak optimal. Hal lainnya, berdasarkan penjelasan oleh pakar bahwa dengan berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkomunikasi atau bergaul dengan keluarga, saudara dan teman

10. Melatih Tingkat Kefokusan
Pagi hari adalah kondisi dimana tubuh, baik secara fisik dan mental, memiliki kesiapan penuh untuk melakukan serangkaian aktivitas padat. Degan memulai aktivitas berupa olahraga, akan melatih pikiran dan fokus pada hal-hal yang terpenting. Saat berolahraga, seseorang akan cenderung memikirkan rencana atau rangkaian aktivitas yang dilakukan setelahnya. Berfikir di pagi hari adalah hal yang sangat bai, karena kondisi saat itu “energi” otak sedang dalam kondisi prima, dan Anda juga dapat berfikir lebih jernih. Orang yang biasa berolahraga pagi juga cenderung memiliki keinginan kuat dalam menentukan prioritas. Mereka umumnya dapat lebih bekerja keras dalam menjalankan komitmennya.

11. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Dengan olahraga pagi yang dilakukan, maka organ paru-paru dapat menerima asupan udara yang segar dan bersih (karena pagi hari udaranya segar) yang nantinya diikat di dalam darah. Sehingga kondisi oksigen yang banyak dan berkualitas di dalam darah memberikan manfaat untuk merangsang otak, yang ini memiliki hubungan dengan tingkat kesehatan mental seseorang, yang juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga dapat berpikir lebih jernih dan daya konsentrasi meningkat.

12. Tubuh Lebih Bertenaga
Olahraga yang dilakukan (terutama di pagi hari) membuat tubuh melepaskan senyawa-senyawa yang baik, seperti endorfin yang berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh dan mood. Sehingga membuat orang yang berolahraga pagi cenderung lebih bersemangat dan memiliki suasana hati yang baik sepanjang hari

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta