4 min read

Meningkatkan Daya Ingat Yang Sudah Menurun

Meningkatkan Daya Ingat Yang Sudah Menurun

Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin banyak pula keluhan yang dirasakan. Hal ini seiring dengan menurunnya performa organ-organ tubuh yang kita miliki. Saat kita merasa lemas karena kurang berolahraga, dengan melakukan olahraga secara teratur maka kebugaran tubuh akan kembali pulih dengan diiringi konsumsi makanan yang kaya akan serat. Namun, apabila organ yang mengalami penurunan fungsi itu adalah otak, maka apa yang harus dilakukan? bagaimana cara melatih otak agar kembali kepada fungsi awalnya? Dari beberapa artikel yang telah saya baca, ada beberapa tips meningkatkan daya ingat yang mungkin bisa anda coba lakukan jika daya ingat anda sudah mulai menurun.

Cara meningkatkan daya ingat adalah sbb :

Melatih Pikiran Setiap Hari

Adalah cara yang paling sederhana yang dapat dilakukan dalam meningkatkan daya ingat. Jika diibaratkan seperti mata pisau, setajam apapun itu mata pisau jika tidak pernah digunakan maka akan tumpul juga. Demikian halnya dengan otak yang kita miliki, daya ingat otak akan cenderung menurun kemampuannya jika kita tidak pernah menggunakannya untuk berfikir. Berfikir disini bukan berfikir mengenai hutang, jodoh, atau yang sejenisnya. Berfikir disini adalah dengan menggunakannya untuk belajar, menghafal seseuatu yang rumit, melakukan analisa sebuah masalah yang rumit dan mencoba untuk memecahkannya. Otak yang selalu aktif akan mempengaruhi proses regenerasi sel, otak yang selalu digunakan diaktifkan akan selalu menghasilkan sel syaraf baru yang berguna dalam membantu otak untuk menyimpan dan memulihkan kembali informasi yang sudah lama saat kita mencoba mengingatnya kembali.
Masing masing orang mempunyai teknik berbeda beda dalam meningkatkan daya ingat. Mengerti apa dan seperti diri anda adalah sesuatu yang lebih penting dari anda membaca berbagai macam tips yang mungkin tidak akan ada pengaruhnya untuk diri anda.

Keadaan tubuh hanyalah kita yang mengetahui, oleh karena itu belajarlah diawali dari sekarang untuk lebih mengetahui tubuh anda sendiri. Pada sebagian orang, ketenangan kesunyian mungkin lebih efektif dalam menata kembali pikiran yang sudah menumpuk dengan hal-hal yang memicu stres. Stres yang terus menerus juga akan mempengaruhi fungsi otak. Pada kejadian yang baru-baru ini, stres bisa berakibat terhadap penyakit meningitis. Cara sederhana yang dapat dilakukan bagi orang yang menyukai ketenangan adalah dengan pergi ke tempat wisata yang sejuk, jauh dari keramaian dan polusi.Apabila tidak ada waktu untuk pergi jalan jalan , bisa mencoba untuk menikmati musik musik klasik dengan alunan nada yang teratur dan nyaman untuk didengarkan. Sedangkan bagi orang yang selalu menonjolkan kinestetiknya, mungkin berolahraga yang menguras energi dapat membantu memulihkan dan meningkatkan daya ingat. Mengisi teka teki silang, bersepeda atau dengan memantau berita yang kemudian mendiskusikannya dengan teman sekantor.

Berolahraga

Merupakan aktivitas yang bisa disebut penyembuhan secara alami. Aktivitas olahraga secara teratur setiap hari dapat membantu kualitas aliran darah ke otak bukan hanya ke otak, aliran darah keseluruh tubuh juga akan lancar. Dengan aerobik seperti jalan cepat, bersepeda atau berenang, berdampak positif bagi jantung, paru-paru dan pembuluh darah untuk mengalirkan oksigen ke otot-otot tubuh selama badan beraktivitas. Dengan rajin berolahraga Otak kita akan selalu berpikir positif, lebih tangkap dan lebih cermat.

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Hidup sehat adalah pilihan untuk memiliki tubuh tetap sehat dan bugar tanpa ada keluhan. Makanan yang begizi akan selalu membuat tubuh menjadi sehat, dengan porsi seimbang bukan tidak mungkin kecukupan gizi bagi otak maupun seluruh tubuh terpenuhi. Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, karena bahan makaanan ini mengandung bahan antioksidan yang melindungi dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi sel-sel otak. Karena Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat ada banyak sekali macamnya

Memperhatikan apa yang kamu makan memberimu kesempatan terbaik untuk mendapatkan daya ingat sehat.

Oleh karena itu, berikut adalah makanan yang dapat mempertajam otak untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat akibat faktor usia: blueberry, kopi, kacang tanah dan selai kacang, ikan, alpukat, biji bijian, sayuran berdaun hijau tua, apel, bawang coklat. Akan tetapi, sesuatu hal yang harus Anda ingat adalah meskipun Anda sudah mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat meningkatkan memori otak; Anda tetap perlu untuk berolahraga. Sebab menurut  sebuah studi, olahraga juga dapat membantu Anda dalam mencegah Alzheimer dan dapat membantu dalam memertajam fungsi otak Anda.

Jadikan Diri Anda Sebagai Alarm.

Tips yang mungkin sedikit sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Orang sistemnya otaknya sudah mengalami penurunan drasti dalam hal mengingat akan lebih sulit jika melakukan hal seperti ini. Mereka yang memiliki masalah seperti ini biasanya hal yang baru saja diingatnya, mereka akan cepat melupakannya meskipun dalam hitungan jam. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba jika hal ini dilakukan secara rutin dan terus diulang. Jika ada hal penting yang ingin diingat, sering-seringlah untuk menuliskan hal tersebut dimana saja yang memungkinkan untuk anda lihat. Mengingat dengan cara memvisualisasikan akan lebih mudah dari pada harus dengan kata-kata. Ulangi dengan kata-kata sesering mungkin tentang apa yang ingin anda ingat. Melakukan pengulangan akan membuat syaraf otak bekerja secara otomatis saat anda mengucapkan kembali atau mendengar orang mengucapkan hal yang sama mengenai apa yang anda ingat.

Buat Diri Anda Tenang dan Jauhkan Dari Stress

Belajar teknik untuk relaks akan sangat berguna bagi siapa saja dan bukan hanya bagi orang yang sedang berusaha meningkatkan daya ingat. Stress dan keadaan perasaan khawatir yang sangat berlebihan bisa mengganggu konsentrasi, oleh karena itu sangat penting maknanya untuk meluangkan waktu untuk lebih rileks/santai. Salah satu teknik untuk ‘istirahat’ dari hiruk pikuk dunia adalah dengan berbaring atau duduk dengan santai dengan mata tertutup. Selalu mengerti dan memahami cara kerja otak  anda, Apakah dipenuhi dengan masalah yang mengganggu pikiran? Bayangkan bahwa penyebab ketidaknyamanan pikiran pergi melayang jauh. Bernafas secara perlahan, teratur dan dalam. Lakukanlah rileksasi tersebut dimana saja saat anda merasa gelisah atau mulai beranjak stress, bayangkan bahwa anda berada di tempat favorite anda atau di tempat yang sepi. Setelah 5 atau 10 minit, beranjaklah secara perlahan-lahan pergi untuk meninggal tempat yang membuat anda merasa stress

Positif Thingking

Selalu berpikir positif. “Kebahagiaan memainkan peranan utama dalam perspektif kehidupan. Kebahagiaan membuat anda lebih stabil, pikiran kita akan lebih terbuka untuk menerima informasi. Jauhkan dari pikiran kotor dan jorok adalah solusi bagi anda yang menginginkan pikiran anda selalu bersif dan fresh. Orang yang selalu berpikir jorok akan membuat orang tersebut selalu berhalusinasi tentang hal-hal yang berbau s3x. Pikiran yang sudah terpenuhi dengan hal-hal tersebut akan susah untuk fokus.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta