6 min read

Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

Anda ingin memiliki tubuh yang cantik dan menarik? Atau sebagai laki-laki Anda ingin mempunyai tubuh yang gagah perkasa? Kecantikan tubuh untuk wanita atau kegagahan badan untuk pria tidak bisa terpisah dari bentuknya perut. Betapa sering bentuk perut yang buncit telah menghalangi kecantikan tubuh seseorang, dan betapa sering orang merindukan tubuh yang lebih cantik dengan perut yang datar sebagai gantinya perut buncit. Tidak heran banyak obat dijual untuk pengurusan badan. Apakah obat yang terbaik untuk menguruskan perut Anda? Kita akan membahasnya bersama.

MENGAPA PERUT ANDA BUNCIT ?

Sementara Anda memasuki usia tiga puluhan, kemudian empat puluhan, ada kecenderungan bagi badan Anda untuk makin gemuk oleh sebab umumnya metabolisme tubuh telah menurun. Anda tidak lagi memerlukan energi yang banyak seperti masa muda; apalagi bila kegiatan tubuh Anda berkurang dengan hanya bekerja di belakang meja.  Pertanyaan yang boleh timbul ialah mengapa umumnya kegemukan terjadi pada bagian perut?.

Sebagaimana kita ketahui, kelebihan energi dalam tubuh yang tidak terpakai akhirnya diubah menjadi lemak. Ternyata untuk wanita, lemak tersebut akan terkumpul di paha, kemudian pinggul dan perut. Untuk pria, lemak yang berkelebihan akan langsung bertumpuk di perut. Tidak heran perut makin menjadi buncit, dan Anda ingin mengecilkannya.

Ada hipotesa mengapa terjadi kegemukan di perut atau kita telah sebutkan sebagai gemuk android. Hipotesis ini mengatakan bahwa ada perbedaan fungsi antara lemak di daerah perut dengan lemak didaerah bokong. Jika seseorang mengalami stres, maka akan terjadi pelepasan katekolamin di dalam darah. Zat ini meningkatkan penghancuran lemak (lipolisis) di berbagai bagian tubuh. Tetapi bersamaan dengan itu terjadi penekanan aktivitas enzim pemecah lemak lipoprotein (lipase) terutama di daerah perut. Akibatnya, asam lemak bebas dalam hati meninggi. Asam lemak bebas ini kemudian akan ditimbun sebagai masaa lemak perut. Hal ini dapat menerangkan mengapa orang yang sering mengalami stres mudah mengalami pembesaran perut. Apapun sebabnya mengapa seorang mempunyai perut yang buncit, ia ingin untuk mengecilkannya? Apakah usaha untuk menguruskan  perut tersebut?

USAHA MENGECILKAN PERUT

Banyak yang coba mengecilkan perut dengan makan obat kurus. Bahan obat pengurus badan telah banyak terkenal dan banyak berhasil. Tetapi ternyata obat umumnya mempunyai efek samping dalam tubuh manusia. Salah satu yang cukup dikenal, misalnya ialah dinitrophenol yang memberikan hasil yang baik, tetapi Dr. Walter Modell, direktur Klinik Farmakologi dari Sekolah Kedokteran Universitas Cornell menuliskan laporannya dalam Journal of the American Medical Association , bahwa dinitrophenol memiliki efek yang meracuni tubuh manusia, dan harus dilarang penggunaannya. Bahkan Dr. Model menyebutkan bahwa tidak ada obat yang sama seperti dinitrophenol ini yang masih digunakan sekarang.

Ada juga yang nekad mengecilkan perut dengan pembedahan dan membuang lemaknya. Banyak yang telah berhasil dalam hal ini, tetapi kembali tidak luput dari risiko. Risiko tersebut bukan hanya sekedar biaya yang mahal, tetapi sampai kepada risiko kematian.

Banyak juga yang telah berhasil menguruskan perut dengan mengurangi makan. Bila langkah ini yang Anda buat, makan sore atau makan malam lah yang perlu Anda kurangi agar tidak mengganggu kebutuhan energi untuk kegiatan sehari-hari. Kombinasi yang baik adalah antara mengurangi makan sore ( atau meniadakan makan sore sama sekali), dengan olahraga memberikan hasil yang terbaik.

OLAHRAGA MENGURUSKAN PERUT

Di samping olahraga aerobik yang Anda dapat ikuti, konsentrasi dalam senam yang khusus akan menguruskan perut dan menguatkan otot-otot tertentu. Dalam hal ini, Jim Everroad, seorang pelatih gymnastik dari Indiana, Amerika telah meperkembang senam yang akan menguruskan perut. Dan memberikan hasil yang memuaskan kepada banyak orang

  1. Instruksi:

Mulailah dengan berangsur-angsur. Latihan yang dianjurkan :

  1. Mulai hari pertama dengan mengulangi untuk sepuluh latihan yang pertama
  2. Hari kedua mulai dengan mengulangi dua kali untuk sepuluh latihan yang kedua
  3. Setelah Anda memahami akan setiap latihan, dan tidak mengalami kesulitan melakukannya, Anda dapat menambah jumlah latihan.
  1. Gerakan Pengurusan Perut
  1. Berdirilah dengan punggung 30-60 cm dari tembok, kedua kaki terbuka lebar, lengan direntangkan di atas kepala, dengan sikut yang lurus. Bengkokkan punggung hingga kuku lengan menjamah tembok, lutut dan sikut selurus mungkin. Kembali ke posisi semula dan ulangi kembali
  2. Telentangkan badan Anda, sementara tangan lurus di atas kepala sejajar dengan lantai. Selagi bokong tetap di atas lantai, angkatlah kedua kaki Anda dari lantai menuju dada. Luruskan satu kaki sejajar dengan lantai tetapi tidak menjamah lantai . Tariklah satu lutut menuju ke dada, saat yang sama luruskan satu kaki yang lain. Tarik kaki kedua sementara meluruskan kaki pertama, dan ulangi seperti pengedarai sepeda. Ulangi untuk empat kali sebagai tanda dari satu kali latihan.
  3. Telentangkan badan dengan kaki dilipat, dan lutut menghadap langit-langit, telapak kaki terletak rata di atas lantai, tangan di bawah belakan kepala Anda, dan jari tangan kiri & kanan saling mengikat. Keluarkan napas sementara Anda bangun, dan letakkan kepala di antara kedua lutut. Tarik napas sementara Anda turunkan badan ke belakang ke posisi semula. Akan menolong bila Anda letakkan kaki Anda dibawah beban yang berat agar menolong Anda untuk tidak menyebabkan perubahan posisi kaki Anda.
  4. Adalah mungkin untuk melebarkan dada Anda setelah selesai mengeluarkan napas, dengan cara yang sama seperti sewaktu dada Anda melebar saat Anda menarik napas. Anda telah menggunakan seluruh hidup Anda untuk mempelajari melebarkan dada saat Anda mengeluarkan napas. Sebab itu diperlukan latihan untuk dapat melebarkan dada setelah mengeluarkan napas. Untuk melatih ini, pertama Anda harus menarik napas yang dalam, dan mencoba untuk secara sadar merasakan bagaimana dada Anda melebar. Kemudian, coba pikirkan pelebaran dada Anda, dengan tidak menarik udara; Biarkan udara untuk masuk sementara Anda melebarkan dada. Anda akan dapatkan bawah Anda dapat melebarkan dada sebanyak udara yang biasa masuk, selama udara tidak terburu-buru masuk ke paru-paru Anda. Kemudian, keluarkan napas Anda sampai habis, tahan pengeluaran napas, dan lebarkan dada seperti yang Anda telah pelajari. Jikalau Anda lakukan ini dengan benar, perut Anda akan otomatis tertarik ke dalam, mempelajari cara ini memerlukan latihan dan kesabaran, tetapi hasilnya akan memuaskan. Jikalau Anda telah lakukan ini, Anda sudah siap untuk berlatih. Berdiri, dengan kaki terpisah dan bahu selebar mungkin, tangan di pinggul. Keluarkan napas dengan lengkap dan dipaksakan. Pertahankan terus pengeluaran napas, sambil lebarkan dada Anda selebarnya. Tarik perut Anda seketat mungkin, dan tahan selama 6 detik. Rileks dan kembali ke posisi semula. Lakukan latihan ini di depan cermin untuk menanamkan keyakinan pada kemajuan Anda.
  5. Berdiri, dengan kaki terbuka lebar, lebih lebar dari bahu, rentangkan tangan di samping, sejajar dengan lantai, dengan sikut yang diluruskan. Biarkan kaki tertanam dengan kokoh pada lantai, dan putarkan tubuh sejauh mungkin ke kanan. Rentangkan dan tarik lengan kanan kembali, dan lengan kiri berkeliling ke kanan. Sentakkan kembali ke posisi semula, dan letakkan tangan pada pinggul. Kembali ke posisi semula, ulangi ke sebelah kiri. Putar kembali ke kanan dan kemudian ke kiri. Dengan ini selesailah satu latihan.
  6. Berdiri, dengan kaki terkangkang sejauh mungkin, dengan tangan di atas kepala, sikut yang lurus, bahu terbuka lebar. Dengan cepat ayunkan badan bagian atas ke depan, sampai ke bawah, sementara lutut di bengkokkan. Masukkan tangan di antara kedua kaki dan jamah lantai sejauh mungkin. Ayunkan badan bagian atas kembali dan berhenti pada posisi semula.
  7. Baringkan tubuh pada perut Anda, tangan di letakkan lebih tinggi dari pinggul tetapi tetap dekat di samping tubuh Anda. Sikut dihadapkan ke langit-langit, telapak tangan terletak pada lantai dengan jari-jari tangn menghadap ke bahu. Biarkan kaki diletakkan pada lantai dan angkatlah kepala, bahu dan dada Anda setinggi mungkin, sehingga membuat lengkungan belakang. Tangan dan kaki harus tetap di tempat, angkat bagian belakang tinggi, hingga tubuh Anda membentuk huruf  V yang terbalik. Bebankanlah badan Anda pada tangan dan kaki, dengan lutut dan sikut yang lurus, tetap dalam bentuk V terbalik, tarik perut dan perketat otot perut tersebut. Tetap dalam posisi ini untuk 6 detik. Turunkan badan bagian belakang kembali kepada lengkungan dan turunkan kembali ke posisi semula.
  8. Duduk dengan kaki di bengkokkan, lutut menghadap langit-langit, telapak kaki rapat pada lantai ( sebaiknya kaki berada di bawah beban berat hingga tidak berpindah posisi saat mengadakan latihan), tangan berada di belakang kepala, dengan jari terikat satu sama lain. Miringkan kebelakang hingga tubuh bagaian atas mempunyai kemiringan 45 derajat, sekarang putar ke kiri, kemudian ke kanan kemudian kembali ke depan pada posisi semula dalam keadaan duduk.
  9. Berdiri, kedua kaki terpisah selebar bahu, tangan pada pinggul. Jangkau seluruh kepala dengan tangan kiri sampai menjamah telinga kanan. Bengkokkan badan ke samping kanan, dengan meluncurkan tangan kanan ke bawah sejauh mungkin pada kaki kanan dan rentangkan sisi kiri sekuat mungkin.
  10. Telentangkan badan Anda, dengan kaki yang lurus dan saat yang sama, rentangkan lengan Anda melewati kepala pada lantai. Usahakan kaki tetap lurus, angkat kedua kaki ke atas dan melewati kepala, sampai ke bawah, sambil berusaha menjamah lantai dengan jari kaki. Kembalikan ke posisi semula.
  11. Latihan ini sama seperti no.4 kecuali sementar Anda bangun putarkanlah badan Anda dan tempatkan sikut kanan di atas lutut. Kembali ke posisi semula. Kemudian ke posisi semula. Kemudian putarlah badan Anda untuk menempatkan sikut kiri di atas lutut kanan, dan ulangi latihan ini. Jikalau Anda ingin mengulangi latihan ini untuk lima kali, putar badan ke kiri untuk lima kali. Dengan demikian, selesaikan pada satu sisi, sebelum meneruskan pada sisi lain.
  12. Kesanggupan untuk melebarkan dada Anda waktu mengeluarkan napas, seperti latihan 4, perlu waktu latihan berikut ini. Berdirilah dengan bengkokkan pinggang dan lutut. Miringkan badan ke depan agar beban badan bagian atas ditopang oleh tangan pada lutut, dengan sikut yang lurus. Keluarkan napas dengan memakai tenaga maksimal. Tahan pengeluaran nafas, perlebar dada seperti latihan 4. Kemudian dorong perut keluar, dengan tetap menahan pengeluaran napas dan pelebaran dada. Benjolan otot akan terbentuk antara iga dan panggul. Perketat benjolan otot tersebut, dan tahan untuk 6 detik. Jikalau Anda tidak bisa mendapatkan benjolan otot tersebut pada mula pertama, Anda harus bersabar sambil terus berlatih. Setelah Anda mengulangi beberapa kali latihan, Anda akan mendapatkan benjolan otot tersebut. Gabungan latihan 4 dan 12 ini sangat dianjurkan.
  13. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, tangan lurus di atas kepala, sikut yang lurus, dan permukaan tangan menghadap langit-langit, dan jari-jari tangan yang saling mengikat. Bengkokkan badan ke samping kanan sejauh mungkin, dengan merentangkan sisi kiri. Luruskan kembali badan, terus bengkokkan dengan segera ke belakang, dengan merentangkan lengan dan bahu ke belakang, dengan merentangkan lengan dan bahu ke belakang. Luruskan badan kembali, dan bengkokkan kedepan sampai kalau bisa hampir menjamah lantai. Kembali lagi ke posisi semula. Biarkan lutut tetap lurus selama latihan. Kemudian ubah arah dengan membengkokkan ke arah kiri setelah selesai kanan.

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta